Anugerah Kekayaan Intelektual Luar Biasa Tahun 2014

isi-surakarta-rahayu supanggah-anugerah kekayaan intelektual luar biasa tahun 2014

Rahayu Supanggah adalah seorang komponis yang khususnya berkarya untuk menyusun musik tradisional Jawa. Dia telah mencipta lebih dari 100 buah karya, dikenal sebagian besar untuk perannya dalam kerjasama internasional. Beliau seorang dosen Seni Karawitan di Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta. Dan juga melakukan berbagai macam penelitian musik rakyat Nusantara.

Rahayu Supanggah mendapatkan perhargaan dalam rangka penghasil kekayaan intelektual oleh Dikti. Pihak Dikti memberikan penghargaan kepada Penghasil Kekayaan Intelektual Luar Biasa yang pelaksanaanya didukung dan bekerjasama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Pariwisata, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Pertanian, dimana tujuan pemberian penghargaan adalah sebagai apresiasi atas invensi dan kreasi dosen, peneliti, dan masyarakat yang terus berkarya sehingga menghasilkan karya-karya yang luar biasa, dengan segala keterbatasan yang ada, disamping menghasilkan karya yang luar biasa juga telah memberikan kontribusi bagi kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Nasional serta mempunyai dampak ekonomi yang besar dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat. Anugerah Kekayaan Intelektual Luar Biasa yang telah dianugerahkan pada tanggal 15 Desember 2014, di Gedung D. Lantai 2, Jl. Jenderal Sudirman, Pintu I Senayan, Jakarta Pusat, pada pukul 18.00 WIB.

Kegiatan yang terselenggara atas kerjasama dan dukungan dari ke 6 Kementerian tersebut diharapkan mampu meningkatkan motivasi dosen, peneliti, dan masyarakat untuk terus berkarya dan memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara yang pada tujuan akhirnya meningkatkan daya saing bangsa. Setelah dilakukan penilaian oleh tim penilai dan dinyatakan lolos sebagai calon pemenang penghargaan dosen yaitu Prof. Dr.Rahayu Supanggah, S.Kar dengan Kategori Desain Industri, Hak Cipta Karya Seni Rupa, Karya Seni Pertunjukan dengan salah satu judul yakni I La Galigo.

Prof. Dr. Rahayu Supanggah, S. Kar mengatakan “ucapan terima kasih kepada ISI Surakarta, teman-teman yang telah mendukung saya dan juga bagi dosen-dosen teruslah berkarya”. (news by Anggun 20/12/14)