Empat Mahasiswa ISI Surakarta Sebagai Delegasi KKN Kebangsaan di Gorontalo

isi-surakarta-kuliah-kerja-nyata-kkn-kebangsaan-di-gorontalo-4

Pada hari Selasa, 18 Juli 2017 di Ruang Rapat II Gedung Rektorat,  ISI Surakarta melepas empat mahasiswa ISI Surakarta sebagai Delegasi KKN Kebangsaan di Gorontalo pada tanggal 19 Juli – 23 Agustus 2017 . Nama keempat mahasiswa tersebut yakni;  Ahmad Nur Fahmi (Prodi Etnomusikologi), Syahrizal Fadhli (Prodi Seni Teater), Shani Fella Suffah Ibnu Masithoh (Prodi Desain Komunikasi Visual), dan Helvana Dewi Yuliana (Prodi Televisi dan Film).

Kuliah Kerja Nyata Kebangsaan (KKN KEBANGSAAN), adalah program Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristekdikti bekerjasama dengan MRPTNI yang dilaksanakan setahun sekali secara bergantian oleh BKS-PTN di wilayah barat dan KPTN-KTI di wilayah timur, dengan melibatkan semua perguruan tinggi negeri di tanah air, dan bahkan beberapa perguruan tinggi swasta yang berminat dan memenuhi kriteria sebagaimana diatur dalam buku panduan operasional baku (POB) ini. Dengan demikian KKN Kebangsaan adalah menjadi program nasional Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi yang dilaksanakan oleh Perguruan Tinggi untuk menumbuh kembangkan rasa cinta tanah air, jiwa kebangsaan, dan patriotisme mahasiswa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). KKN Kebangsaan menjadi wadah komunikasi, pertukaran ide serta jejaring awal bagi mahasiswa se-tanah air dalam mempersiapkan dan mematangkan diri sebagai calon-calon pemimpin bangsa di masa yang akan datang. KKN Kebangsaan diharapkan dapat meningkatkan wawasan kebangsaan mahasiswa dan mengenal tanah air Indonesia secara utuh, dan siap mengabdikan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk semata-mata kepentingan bangsa dan negara secara utuh dan konsisten.

Tujuan KKN Kebangsaan adalah Meningkatkan wawasan kebangsaan dan semangat nasionalisme mahasiswa Indonesia dalam bingkai negara kesatuan Republim Indonesia (NKRI), Membangun jejaring sebagai perekat nilai-nilai kebangsaan mahasiswa sebagai generasi muda penerus perjuangan bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia dimasa yang akan dating, Meningkatkan kemampuan leadership atau kepemimpinan organisasi pada tataran kerja nyata di masyarakat bagi mahasiswa sebagai calon pemimpin bangsa masa depan, Mendorong dan memacu kegiatan pembangunan nasional dengan menumbuhkan motivasi masyarakat di daerah untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat (community empowerment), Memperkuat visi kebangsaan mahasiswa melalui kesempatan dan pengalaman hidup bersosialisasi dengan masyarakat berbeda dengan daerah asalnya, sehingga menumbuhkan jiwa toleransi dengan pemahaman yang mendalam tentang nilai-nilai dan keragaman budaya Indonesia, dan Mengembangkan watak, karakter dan soft skill melalui penanaman jiwa dan nilai-nilai kebersamaan, kemandirian, etos kerja dan tanggung jawab.

“Semoga keempat mahasiswa ISI Surakarta sebagai Delegasi KKN Kebangsaan di Gorontalo Memiliki serta menambah wawasan dan Mampu mengelola perubahan diri dan lingkungan, berkomunikasi dan memotivasi kelompok dan masyarakat serta mengharumkan nama ISI Surakarta”, ujar Prof. Dr. Sri Rochana. W, S. Kar., M. Hum selaku Rektor ISI Surakarta.