Event 24 Jam Menari di ISI Surakarta

isi-surakarta-pembukaan-hari-tari-dunia-world-dance-day-wdd2017-4

Event “24 Jam Menari” dalam rangka World Dance Day telah dilaksanakan di Kota Solo tanggal 29 April 2017. Rangkaian acara telah dilaksanakan di Kampus ISI Surakarta, tanggal 29 April pukul 06.00 2017 s.d tanggal 30 April 2017 pukul 06.00 WIB dan dibuka oleh Rektor ISI Surakarta, Prof. Dr. Sri Rochana. W, S. Kar., M. Hum.

Perayaan yang ke-11 ini mengambil tema “Merayakan Migrasi Tubuh”. Dari tema tersebut menyadarkan bahwa tari bukan sekedar liukan estetika gerak, bukan sekedar hiburan di panggung. Tari sejatinya sangat berperan dalam mengembalikan kekuatan spirit dan jati diri manusia, serta merespon kehidupan manusia. Tari akan selalu bergerak, berpindah dari tempat satu ke tempat lain untuk mengobarkan cinta kasih, kebersamaan, kejujuran, dalam rangka memanusiakan manusia. Bisa juga sebaliknya mereka dating menggerakan tubuh mereka untuk “menari” membangun karakter yang santundan berbudi luhur, yang dapat berimbas pada lingkungan dan masyarakat. Tari akan terus bermigrasi dari pribadi ke pribadi, dari ruang ke ruang, dari daerah ke daerah, dari Negara ke Negara, dan memenuhi jagat raya, menebarkan dan membisikan nilai kemanusiaan. Eksistensi manusia adalah tubuh, melalui tubuh pulalah manusia membangun estetika. Pada moment inilah sebenarnya ingkat universalitas tubuh dimaknai sebagai migrasi estetis.

Program World Dance Day 24 Jam Menari tahun 2017 antara lain Penari Selama 24 Jam Menari, Pergelaran Tari Selama 24 Jam, Pergelaran Keraton Nusantara, Seminar Tari, Pergelaran Tari Kolosal, Pergelaran Empu Tari, Pergelaran Whirling Dance Kolosal, Pergelaran Opening, Pergelaran Closing, Pemutaran Dokumentasi Film Tari, Pameran Fotografi Tari, Orasi Budaya, Bazaar. Jumlah peserta 24 Jam Menari sejumlah 182 Sanggar Tari dan jumlah seniman yang terlibat kurang lebih mencapai 3.760 orang.

isi-surakarta-pembukaan-hari-tari-dunia-world-dance-day-wdd2017-2

isi-surakarta-pembukaan-hari-tari-dunia-world-dance-day-wdd2017-1

Pembukaan Event “24 Jam Menari” dalam rangka World Dance Day dibuka oleh Rektor ISI Surakarta, Prof. Dr. Sri Rochana. W, S. Kar., M. Hum dengan memukul gong sebanyak 3 kali di Halaman Rektorat ISI Surakarta.

isi-surakarta-pembukaan-hari-tari-dunia-world-dance-day-wdd2017-3

Penari selama 24 Jam Menari tanpa henti yakni Danang Pamungkas (Solo), Anter Asmorotedjo (Yogyakarta), dan Asep Sulaeman (Bandung).

isi-surakarta-pembukaan-hari-tari-dunia-world-dance-day-wdd2017-sarasehan-kebudayaan.JPG

Foto bersama setelah Sarasehan Kebudayaan Tari di Lobby Gedung Pascasarjana.

isi-surakarta-pembukaan-hari-tari-dunia-world-dance-day-wdd2017-5

isi-surakarta-pembukaan-hari-tari-dunia-world-dance-day-wdd2017-6

isi-surakarta-pembukaan-hari-tari-dunia-world-dance-day-wdd2017-7 Sebagian pertunjukan tari selama 24 jam menari dalam rangka World Dance Day 2017 di ISI Surakarta.