Forum The 3 rd International Conference for Asia Pacific The Arts Studies (ICAPAS)

isi-surakarta-icpas 2015-3

Pada 20-21 Oktober 2015 di Pasca Sarjana ISI Yogyakarta, Donie Fadjar Kurniawan, SS.,M.SI.,M.Hum salah satu dosen Program studi Televisi dan Film Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Surakarta mendapat undangan untuk mempresentasikan kertas ilmiahnya yang berjudul “ Code Mixing in Polish Language to Indonesian Language of Poland Student as Foreign Speaker” dalam forum The 3 rd International Conference for Asia Pacific The Arts Studies (ICAPAS).
Dalam makalahnya, Donie menganalisis percampuran kode yang berupa latar belakang penutur asing yaitu mahasiswa mahasiswa Universitas Warsawa, Sekolah Tinggi Ekonomi Warsawa dan Collegium Civitas Warsawa serta peserta kursus bahasa Indonesia di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Polandia yang menghasilkan campur kode antara bahasa Polandia dengan bahasa Indonesia. Selanjutnya dipaparkan pula munculnya campur kode dapat ditemui di dalam tataran pilihan kata, kelompok kata hingga struktur kalimat. Disinilah, kertas ilmiah ini mendapat penilaian khusus dikarenakan Donie Fadjar Kurniawan menempatkannya bukan sebagai studi terjemahan antara bahasa Polandia ke dalam Bahasa Indonesai tetapi lebih dari itu sebagai hasil analisis trandisipliner yang melibatkan seni, bahasa dan sosial. Terungkap pula bahwa ini merupakan analisis lintas disiplin kajian seni ketika pilihan kata yang tepat antara kedua bahasa dalam hasil dari piranti latar belakang sosial dan seni. 2 kasus yang ditunjukkan adalah bagian dari seluruh data yang sebagian besar berupa campur kode dalam pilihan kata seperti :

Aku mengirim surat saya

Wysłałem mój list
atau

Pembalap ini mengalahkan lomba kemarin

Kolarz    wygrał    wczoraj   wyścig

dalam sedikit kasus juga ditemukan percampuran struktur kalimat yang melibatkan tiga bahasa sekaligus yaitu Polandia, Inggris dan Indonesia. Di akhir presentasi didiskusikan dengan pereviu yang terdiri dari : Associate Professor of Film Making : Randy Finch ( Taipei National University), Prof Barbara Bolt ( VCA Melbourne University Australia), , Prof Samuel Leong ( The Hong Kong Academy of Performing Arts). (news by Donie Fadjar Kurniawan 26/10/15)

isi-surakarta-icpas 2015-1

Donie Fadjar Kurniawan sebagai oral presenter dalam The 3rd International Conference for Asia Pacific Arts Studies.

isi-surakarta-icpas 2015-2

Dari kiri ke kanan  Prof Randy Finch ( Taipei National University), Prof Barbara Bolt ( Melbourne University Australia), Donie Fadjar Kurniawan,Prof Samuel Leong ( The Hong Kong Academy of Performing Arts).