Institut Seni Indonesia Surakarta Sebagai Salah Satu Delegasi Indonesia Chingay Parade Tahun 2017

isi-surakarta-Sebagai-Salah-Satu-Delegasi-Indonesia-Chingay-Parade-Tahun-2017-2

Chingay Parade adalah pawai besar-besaran di Singapura untuk menyambut Cap Go Meh. Delegasi Indonesia tampil memukau dengan kostum penuh warna. Acara tersebut dilaksanakan pada tanggal 8-14 Februari 2017 di F1 Pit Building, Singapura.

Diperkirakan oleh panitia 160 ribu hingga 180 penonton menyaksikan langsung pertunjukan Chingay Parade Singapore 2017, salah satu festival cahaya terbesar di dunia. Dihelat setiap tahun sejak 1974, karnaval ini ditujukan untuk menyambut Tahun Baru Imlek.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Indonesia mengirimkan kontingennya pada Chingay Parade Singapore 2017 kali ini. Dengan mengangkat tema ‘Kuda Lumping’, sekitar 250 penari didatangkan dari beberapa daerah di Indonesia.

Dalam rilis delegasi Indonesia tim inti terdiri dari 60 penari dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Pemkab Klaten dan Indonesia Batik Lurik Carniva. Sisanya yang merupakan tim pendamping berasal dari ISI Denpasar, Universitas Medan, Al Azhar Shifa Budi, Pemkab Boyolali, INSIM Singapura serta staf KBRI di Singapura. Mereka menampilkan berbagai jenis tarian tradisional, baju karnaval megah khas Indonesia serta diiringi oleh sebuah aransemen yang memadukan musik etnik dan kontemporer Indonesia.

“Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini tim Indonesia menampilkan koreografi dengan musik yang sama, meski gerakannya berbeda-beda, sesuai koreografi dari masing-masing kelompok seni,” ungkap Quinta Novarizqino, koordinator tim penampil Indonesia.

Dengan mengangkat tema Pesona Kencana Indonesia, Indonesia menjadi tim pembuka membuka kontingen internasional. Dengan gerakan dinamis serta musik nan rancak, mereka memasuki lintasan dan langsung mendapat aplaus dari penonton. Sembari mengoyangkan lightstick yang dibagikan oleh panitia, mereka memberi apresiasi kepada tim Indonesia dengan tepuk tangan meriah.

Kehadiran tim kesenian Indonesia mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata RI lewat branding Wonderful Indonesia. Selain sebagai ajang memperkenalkan kekayaan khazanah seni budaya, event ini juga dijadikan sebagai promosi berbagai destinasi menarik di indonesia, dengan harapan para wisatawan tertarik untuk mengunjungi keindahan Indonesia. (news detik.com)

isi-surakarta-Sebagai-Salah-Satu-Delegasi-Indonesia-Chingay-Parade-Tahun-2017-1Foto Bersama di Ruang Rapat I Gedung Rektorat ISI Surakarta dengan Rektor beserta Jajarannya sebelum berangkat ke Chingay Parade, Singapura.