ISI Surakarta Memperingati Hari Tari Dunia “Solo 24 Jam Menari “ Tahun 2015

isi-surakarta-hari tari dunia solo 24 jam menari-2

Dalam memperingati Hari Tari Dunia “Solo 24 Jam Menari” Tahun 2015 bekerjasama dengan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta dan Pemerintahan Kota Surakarta yang telah dibuka pada hari Rabu, 29 April 2015 pukul 06.00 WIB di Rektorat ISI Surakarta.

World Dance Day 2015 (Hari Tari Dunia) kali ini bertemakan “Tari : Nafas dan Kehidupan”, tema ini diharapkan dapat mewujudkan spirit “Solo 24 Jam Menari”, menjadi nafas yang bisa menggerakan seluruh segmen kehidupan berbudaya, sehingga terjalin kebersamaan karakter memposisikan tari sebagai representasi hidup dan kehidupan, dalam menumbuh kembangkan karakter. Dan didalam tema ini memiliki tujuan Bangkitnya dunia tari untuk terus menyuarakan ide-ide kreatif lewat tari dalam berbagai sisi kehidupan, Penguatan seluruh masyarakat tari untuk saling menyapa, dialog, dan kolaborasi menuju semangat kebersamaan. Dan Pengokohan keberadaan tari untuk memiliki jati diri melalui nilai kreativitas yang bersumber dari akar identitas.

World Dance Day (Hari Tari Dunia)  dicanangkan UNESCO tahun 1982,  telah digemakan di kota Solo sejak tahun 2007 oleh Institut Seni Indonesia(ISI) Surakarta, bersama Pemkot Surakarta. Perhelatan  akbar ini kini menjadi icon dunia tari di Solo, dan semakin mendunia. Dalam perjalanannya yang ke 9, event Solo 24 jam Menari semakin menjadi event yang bergengsi dan ditunggu kalangan dunia tari.

Soemaryatmi, S. Kar., M. Hum selaku Ketua Umum dan Dekan Fakultas Seni Pertunjukan mengatakan, “Serangkaian kegiatan acara World Dance Day 2015 di ISI Surakarta, “Solo 24 Jam Menari” melibatkan 138 Grub Kesenian yang didukung oleh 3.000 penari meliputi Pertunjukan Tari selama 24 Jam, 4 Penari yang Menari 24 Jam yakni Anggono Kusumo dari ISI Solo dengan tarian Toya, Stepanus Adi Pratiswa dari Lubuk Linggau dengan menari Namastea, Alfiyanto dari ISI Bandung menari Sang penjaga dan penari 24 jam terakhir dilakukan oleh Abdul Rochim dari DKI Jakarta dengan judul tari Tandang, dalam serangkaian acara World Dance Day juga ada Seminar Tari, Gelar Maestro, Orasi Tari, dan sajian tari lainnya. Venue pertunjukkan terdiri dari Kampus ISI Surakarta, dan Solo Kota meliputi Grand Mall, Solo Square, SMK Negeri 8, Plaza Sriwedari, dan Jalan Jendral Sudirman. Kegiatan World Dance Day 2015 “Solo 24 Jam Menari “ dilaksanakan pada 29 April 2015 pukul  06.00 WIB – 30 April 2015 pukul 06.00 WIB. Setelah pembukaan akan ada pertunjukan tari dari berbagai sanggar kesenian di Pendapa, Teater Besar, dan Teater Kapal ISI Surakarta.” (news by Anggun 29/4/15)

isi-surakarta-pembukaan hari tari-1

Pembukaan Hari Tari Solo 24 Jam Menari di ISI Surakarta. (Foto: Anggun)

isi-surakarta-hari tari dunia solo 24 jam menari-2

Penari 24 Jam mulai beratraksi (Foto: Anggun)

isi-surakarta-hari tari dunia solo 24 jam menari-1

Pembukaan Hari Tari di Halaman Rektorat ISI Surakarta. (Foto: Anggun)

isi-surakarta-hari tari dunia solo 24 jam menari-3

Arak-arakan dari Rektorat ISI Surakarta ke Pendapa. (Foto: Anggun)