ISI Surakarta Memperingati Hari Wayang Dunia

isi-surakarta-hari-wayang-dunia-2016-4

Dengan berpijak pada suksesnya penyelenggaraan Hari Wayang Dunia 2015, Jurusan Pedalangan Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta pada tanggal 7–8 November 2016 menyambut Hari Wayang ke- 2 Tahun 2016 selama , yang bertemakan “Wayang Cermin Kehidupan” , dengan kegiatan; pameran wayang, lomba melukis dan mewarnai wayang, workshop pembuatan wayang, dan pergelaran wayang. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh pemikiran bahwa wayang merupakan refleksi kehidupan manusia. Di dalam jagat wayang kita dapat menemukan aneka ragam ajaran hidup yang memberikan ruang tafsir bagi masyarakat pendukungnya, antara lain ajaran mengenai hidup dan kehidupan, ajaran mengenai harmoni sosial, dan ajaran tentang keindahan seni sejati.

Adapun tujuannya adalah Mangayubagya ditetapkannya wayang Indonesia sebagai warisan budaya yang telah diakui oleh dunia, Memberikan apresiasi kepada masyarakat tentang berbagai ragam seni pertunjukan dan seni rupa wayang yang dimiliki oleh bangsa Indonesia, Memberikan kesadaran kepada masyarakat terutama generasi muda tentang pentingnya nilai-nilai kehidupan yang tersirat dalam seni pewayangan, Memberikan solusi alternatif bagi upaya pembangunan ketahanan bangsa yang dapat memperkuat jatidiri bangsa menuju negara yang adil makmur dan sejahtera, Menumbuhkan pemikiran kritis para dalang, budayawan, dan pemerhati wayang terhadap genre wayang Indonesia, dan Melestarikan dan mengembangkan seni pertunjukan wayang sebagai aset budaya bangsa Indonesia dan dunia sesuai dengan keputusan UNESCO.

Berkaitan dengan itu, Penyelenggaraan Hari Wayang 2016 di ISI Surakarta mengundang berbagai pihak untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan sebagai berikut. Pameran Wayang Kegiatan ini akan mempertemukan para kreator, kolektor, dan perajin berbagai macam wayang dari berbagai daerah di Indonesia. Peserta dapat memamerkan berbagai koleksinya; wayang kulit, wayang bèbèr, wayang golèk, wayang klithik, wayang kaca, wayang kertas, wayang plastik, wayang rumput, batik wayang, dan sebagainya. Lomba Melukis dan Mewarnai Wayang Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengenalkan tokoh-tokoh wayang kepada generasi muda. Peserta terdiri dari anak-anak usia TK s.d. SLTA dari berbagai sekolah. Workshop Pembuatan Wayang Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pengalaman tentang cara membuat wayang. Para pemberi workshop terdiri dari para kreator, penatah, dan penyungging wayang yang memiliki reputasi tinggi. Adapun peserta adalah masyarakat umum yang sedang berada di lokasi kegiatan Hari Wayang 2016. Pergelaran Wayang Kegiatan ini dimaksudkan untuk memperkenalkan berbagai jenis dan gaya pertunjukan wayang kepada masyarakat pemerhati wayang. Jenis dan ragam gaya pertunjukan wayang nusantara yang akan dipentaskan meliputi; wayang kulit purwa berbagai gaya (antara lain gaya Surakarta, Yogyakarta, Banyumasan, Jawa Timuran, gaya Bali), wayang golèk berbagai gaya (antara lain gaya Sunda, Kebumen, Tegal), wayang Palembang, wayang Banjar, wayang Sasak, wayang madya, wayang gedhog, wayang klithik, wayang bèbèr, wayang wahyu, wayang warta, wayang sadat, wayang suluh, wayang kampung sebelah, dan wayang kroncong.

Pergelaran diselenggarakan di empat panggung yakni; Panggung I (depan Rektorat ISI Surakarta) untuk pergelaran wayang kulit purwa berbagai gaya pedalangan karya para maestro dalang, Panggung II (Pendapa Ageng ISI Surakarta) untuk pergelaran wayang kulit purwa serial Bharatayuda dalang tunggal selama 24 jam, Panggung III (Teater Kecil ISI Surakarta) untuk pergelaran wayang wong dan sejenisnya, dan Panggung IV (Topengan Teater Besar ISI Surakarta) untuk pergelaran wayang kulit purwa dalang anak-anak dan remaja serta berbagai jenis wayang langka/baru.

Dr. Sugeng Nugroho, S. Kar., M. Sn selaku Ketua Umum Hari Wayang Dunia ke-2 Tahun 2016 mengatakan, “semoga berbagai figur wayang yang dipamerkan dalam rangkaian kegiatan di ISI Surakarta pada tanggal 7-8 Nopember 2016 mampu membuka cakrawala semua pihak yang menaruh perhatian pada kehidupan dan perkembangan wayang Indonesia”.

isi-surakarta-hari-wayang-dunia-2016-1

Mochamad Irawan salah satu peserta Hari Wayang Dunia 2016, Pergelaran di Halaman Rektorat ISI Surakarta dengan judul “Gatut Kaca Lahir”.

isi-surakarta-hari-wayang-dunia-2016-2

Ki Joko Santoso Wayang Kulit Purwa selama 26 jam non-stop Lakon Jayabinangun di Pendapa ISI Surakarta.

isi-surakarta-hari-wayang-dunia-2016-3

Pameran Wayang di Lobi Gedung Teater Besar ISI Surakarta.

isi-surakarta-hari-wayang-dunia-2016-swargaloka-wayangorang

Wayang Orang Swargaloka (Jakarta) Lakon Kidung Kunthi Labda Manohara

di Teater Besar ISI Surakarta.