Jawara dalam Debat Mahasiswa Tingkat Nasional 2017

isi-surakarta-Jawara-dalam-Debat-Mahasiswa-Tingkat-Nasional-2017-festival-retorika-1

FESTIKA 2017 yang berlangsung pada 19 – 21 Mei 2017 adalah Festival Retorika berupa Kompetisi Debat Mahasiswa tingkat Nasional yang merupakan acara tahunan dengan penyelenggara Universitas Negeri Malang (UM), dan tahun ini merupakan tahun ke-5 penyelenggaraan. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas mengenai pentingnya Retorika yang baik dalam kehidupan masyarakat. Setiap orang memiliki kecakapan retorika yang berbeda beda. Retorika merupakan seni berbicara ataupun seni berkomunikasi yang biasanya disebut dengan public speaking.

Pada kompetisi Kali ini Tim ISI Surakarta B yang terdiri dari Syahrizal Fadhli (Prodi Teater smt 6), Hannan Zakiyya (Prodi Televisi dan Film smt 8) dan Hanna Humaira (Prodi Televisi dan Film smt 8) berhasil menyabet predikat Juara I setelah tampil gemilang tanpa kekalahan dalam semua babak, sedangkan Tim ISI Surakarta A yang terdiri dari Cahyo Destianto (Prodi Desain Komunikasi Visual smt 2), Frisiananda Yuasa Giri (Prodi Televisi dan Film smt 2), dan Shabira Almaas Yanaayuri (Prodi Televisi dan Film smt 4) terhenti langkahnya di babak penyisihan 14 besar.

Dalam kompetisi yang bergengsi ini, ISI Surakarta merupakan satu-satunya peserta dari perguruan tinggi seni, peserta lainnya adalah: Universitas Gajah Mada (Jogjakarta), Universitas Sriwijaya (Palembang), Universitas Airlangga (Surabaya), Universitas Brawijaya (Malang), Universitas Negeri Semarang (Semarang), Universitas Hasanuddin (Makasar), Universitas Pendidikan Ganesha (Bali), Universitas Kristen Petra (Surabaya), Universitas Muhammadiyah Malang (Malang), Universitas Jendral Soedirman (Purwokerto), Universitas Negeri Surabaya (Surabaya), Universitas Negeri Sebelas Maret (Surakarta), Universitas Katolik Atma Jaya (Jogjakarta), Universitas Merdeka (Malang), Universitas Islam Malang (Malang), Universitas Jambi (Jambi), dan Universitas Bandar Lampung (Lampung).

Cukup membanggakan, pada keikutsertaan pertama tahun lalu ISI Surakarta meraih peringkat 8 besar dan tahun ini menyabet predikat jawara, semoga pada kompetisi tahun depan tim dari UKM EDC (English Debating Club) atau UKM Retorika ISI Surakarta ini, dapat mempertahankan predikat.

isi-surakarta-Jawara-dalam-Debat-Mahasiswa-Tingkat-Nasional-2017-festival-retorika-2