Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa ISI Surakarta Tahun 2017 di Kab. Temanggung

isi-surakarta-kuliah-kerja-nyata-kkn-kabupaten-temanggung-5

Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta telah memberangkatkan Mahasiswa KKN kurang lebih 400 orang ke Kab. Temanggung. Upacara pelepasan KKN dilaksanakan pada hari Selasa, 25 Juli di Pendapa GPH. Joyokusumo ISI Surakarta pukul 06.30 WIB. Saat upacara pelepasan KKN dihadiri oleh Rektor beserta jajarannya dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).  KKN dilaksanakan satu bulan 25 Juli – 25 Agustus 2017.

ISI Surakarta memiliki tugas dan fungsi melakukan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. KKN adalah salah satu bentuk pengabdian pada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa. Tahun ini ISI Surakarta memilih daerah sasaran Kabupaten Temanggung sebagai lokasi KKN. Hal ini disebabkan Kabupaten Temanggung adalah daerah yang memiliki potensi sumber daya di bidang seni, budaya, yang perlu dikembangkan. Pemilihan lokasi KKN ISI Surakarta dapat memberikan kontribusi positif untuk membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Temanggung untuk membangun, mengembangkan seni budaya.

Kegiatan peserta KKN disesuaikan dengan kebutuhan lokasi masing-masing peserta. Kegiatan dimaksud meliputi; menumbuhkembangkan kesenian di masyarakat, mendorong tumbuhnya kreativitas seni di masyarakat, dan meningkatkan kepedulian pada lingkungan. Penempatan mahasiswa KKN ISI Surakarta di Kab. Temanggung yang terdiri dari 12 Kecamatan yakni, Kec. Bulu, Kec. Kedu, Kec. Jumo, Kec. Kaloran, Kec. Tembarak, Kec. Temanggung, Kec. Kranggan, Kec. Tlogomulyo, Kec. Kandangan, Kec. Ngadirojo, Kec. Kledung, dan Kec. Parakan.

“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan empati mahasiswa terhadap persoalan yang ada di masyarakat. Pada saat yang sama, mahasiswa juga dapat secara nyata belajar, menyerap pengetahuan sebagai bekal dalam mematangkan kompetensi kesarjanaannya”, ujar Suroto Heru Santoso, S. Sn., M. Sn selaku panitia KKN ISI Surakarta.

isi-surakarta-kuliah-kerja-nyata-kkn-kabupaten-temanggung-1Upacara pelepasan KKN dihadiri oleh Rektor beserta jajarannya dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) di Pendapa GPH. Joyokusumo ISI Surakarta.

isi-surakarta-kuliah-kerja-nyata-kkn-kabupaten-temanggung-2Menyanyikan Indonesia Raya di Pendapa GPH. Joyokusumo ISI Surakarta.

isi-surakarta-kuliah-kerja-nyata-kkn-kabupaten-temanggung-3Upacara penyerahan mahasiswa KKN ISI Surakarta di Halaman Setda Kabupaten Temanggung.

isi-surakarta-kuliah-kerja-nyata-kkn-kabupaten-temanggung-4Foto bersama setelah upacara serah terima mahasiswa KKN ISI Surakarta dengan Bupati Temanggung Drs. H. Mulyadi Bambang Sukarno dengan Rektor ISI Surakarta, Prof. Dr. Sri Rochana. W, S. Kar., M. Hum beserta jajarannya.