Lingkungan ISI

Lingkungan Budaya

Kampus ISI Surakarta berada di pusat budaya Jawa khususnya dekat dengan Keraton Surakarta Hadiningrat, keraton Mangkunegaran, sentra Batik Laweyan dan Batik Kauman, Taman Budaya Surakarta (TBS), serta Museum Radya Pustaka. Sehingga sarat dengan kegiatan-kegiatan seni pertunjukan (wayang, tari, music dsb) dan produksi serta pemasaran produk kerajinan. Pasar Klewer dan Pusat Grosir Solo (PGS) menjadi pusat pemasaran produk batik khas Solo, sedangkan Galeri Senirupa TBS, Galeri Sudjatmoko Gramedia, dan lobi Teater Besar ISI Surakarta menjadi pusat kegiatan pameran senirupa.

Kehidupan Sekitar Kampus

Biaya hidup di kota Surakarta (Solo) relatif ringan di banding kota pelajar yang lain. Di sekitar kampus banyak rumah warga yang dikontrakkan kamarnya dengan tarif kost mulai Rp.80.000,- per bulan, sedangkan makan-minum di warung dengan harga mulai Rp.3000,- per porsi. Salah satu kekhasan warung di Solo adalah warung Hik (pedagang kaki lima) yang harga makanannya sangat terjangkau bagi mahasiswa, dan buka hingga larut malam.

Salah satu tempat singgah sementara bagi seniman, pekerja seni, maupun calon mahasiswa dari luarkota adalah Wisma Seni di Taman Budaya Surakarta (TBS) Jl. Ir. Sutami kota Surakarta, yang menyediakan fasilitas kamar dengan harga terjangkau, yaitu mulai Rp.17.500,- per hari/malam. Lokasi wisma seni tersebut bersebelahan dengan kampus ISI Surakarta.

Transportasi

Sebagai kota terbesar kedua di Jawa Tengah, Solo mudah dijangkau dari mana saja baik dari utara, selatan, maupun timur. Terminal Tirtonadi menjadi jantung bagi urat nadi transportasi dari segala penjuru, dan tetap hidup selama 24 jam. Kampus ISI Surakarta juga berada di jalur utama jalan nasional, sehingga memudahkan bagi mahasiswa dari berbagai daerah.

Kampus ISI Surakarta dapat dijangkau melalui transportasi darat dan udara baik bus, kereta api maupun pesawat terbang, seperti di bawah ini:

Kereta Api

Stasiun Balapan: merupakan stasiun bagi kereta api kelas eksekutif dan bisnis. Kereta api yang melewati Stasiun Balapan Solo diantaranya adalah:
– KA Gajayana (Malang-Jakarta)
– KA Lodaya (Bandung-Solo)
– KA Malabar (Malang-Bandung)
– KA Turangga (Surabaya-Bandung)
– KA Pramex (Jogja-Solo, atau Purworejo-Solo)
– KA Senja Utama (Solo-Jakarta)
– KA Argo Dwipangga dan KA Argo Lawu (Solo-Jakarta)
– KA Logawa (Purwokerto-Jember),
– KA Mutiara Selatan (Surabaya-Bandung)
– KA Pandan Wangi (Solo-Semarang), dsb.
Dari Stasiun Balapan ke Kampus ISI Surakarta dapat menaiki Biskota “Atmo” jurusan Palur turun di perempatan Pedaringan, tarif Rp. 2500,- atau naik taksi mulai Rp.25.000,-

Stasiun Jebres: merupakan stasiun bagi kereta api kelas ekonomi. Kereta api yang melewati Stasiun Jebres Solo diantaranya adalah:
– KA Matarmaja (Malang-Jakarta)
– KA Madiun Jaya (Madiun-Yogyakarta)
– KA Kahuripan (Kediri-Bandung)
– KA Bengawan (Solo-Jakarta)
– KA Rengganis (Purwokerto-Banyuwangi)
– KA Sri Tanjung (Yogyakarta-Banyuwangi)
– KA Brantas (Kediri-Jakarta)
– KA Bangunkarta (Jombang-Jakarta)
– KA Pramex (Jogja-Solo, atau Purworejo-Solo)
– KA Banyu Biru (Solo-Semarang), dsb
Dari Stasiun Jebres ke Kampus ISI Surakarta hanya berjarak 1,5 km yang dapat ditempuh dengan menaiki Biskota “Damri” jurusan Palur turun di perempatan Pedaringan, tarif Rp. 2500,- atau naik taksi mulai Rp.20.000,-; becak Rp.10.000,-; ojek Rp.5000,-; angkutan kota (angkot) No.3 Rp.2500,-
Informasi jenis kereta api dan tarif yang lebih lengkap, silakan buka situs: http://www.kereta-api.co.id/

Bus Antar Kota/Antar Provinsi

Dari arah selatan (Yogyakarta, Purwokerto, Bandung) dan arah utara (Salatiga, Semarang, Cirebon, Tegal, Pekalongan, Blora, Jepara, dan Pati) serta arah tenggara (Trenggalek, Pacitan, Ponorogo, Wonogiri) dapat turun di Terminal Tirtonadi. Semua bus kota antarkota, antarprovinsi di Jawa, antarpulau (Bali-Jawa-Sumatra) pasti singgah di terminal Tirtonadi. Dari Terminal Tirtonadi ke Kampus ISI Surakarta hanya berjarak 3 km yang dapat ditempuh dengan menaiki Bis jurusan Tawangmangu turun di perempatan Pedaringan, tarif Rp. 2500,- atau naik taksi mulai Rp.25.000,-; ojek Rp.7500,-; angkutan kota (angkot) No.3 Rp.3500,-

Dari arah timur (Blitar, Malang, Surabaya, Jember, Banyuwangi, Denpasar) dapat turun di perempatan Pedaringan (Jl. Ir. Sutami kota Surakarta/Solo), masuk ke kanan jarak 200 mtr sampai di Kampus ISI Surakarta.

Pesawat Terbang

Dari bandara Adi Sumarno Solo menuju kampus ISI Surakarta dapat ditempuh dengan taksi bertarif Rp.50.000,-. Dalam waktu dekat di kompleks bandara akan dibangun terminal untuk buskota.

Alamat kampus:
Jl. Ki Hadjar Dewantara no.19
Kota Surakarta (Solo)
Telp. 0271-647658

map_isi_kc