Mahasiswa Berprestasi

Mahasiswa berprestasi adalah mahasiswa terpilih yang mempunyai prestasi akademik dan non akademik yang ditetapkan oleh Rektor ISI Surakarta. Pemilihan Mawapres dilakukan setahun sekali secara berjenjang (tingkat jurusan, dan lembaga). Mawapres ISI Surakarta yang terpilih diikutkan pada pemilihan Mawapres tingkat nasional.
Persyaratan Mahasiswa Berprestasi:

  1. Peserta adalah Mahasiswa Berprestasi Pemenang I Tingkat PTN dan Pemenang I, II, dan III Tingkat Kopertis dengan status mahasiswa S1 dan duduk di semester VI dan VIII, belum dinyatakan lulus serta berusia tidak lebih dari 24 tahun pada saat pemilihan tingkat nasional.
  2. Aspek penilaian meliputi prestasi akademik, karya tulis, kepribadian, dan aktivitas ekstrakurikuler serta kemampuan berbahasa Inggris.
  3. Penulisan Karya Tulis mengacu pada Pedoman Umum Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM) yang diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Akademik dan Kemahasiswaan Tahun 2004.
  4. Mengisi formulis daftar riwayat hidup (DRH).
  5. Berkas dilengkapi dengan DRH, IP Kumulatif, pasfoto terbaru ukuran 3×4 cm sebanyak 4 (empat) lembar serta abstraksi makalah dalam bahasa Inggris (1-2 halaman) ditujukan kepada Direktur Pembinaan Akademik dan Kemahasiswaan Ditjen Pendidikan Tinggi Depdiknas Jalan Pintu I Senayan Jakarta, Telp(Fax. 5731152 dan 5731903).
  6. Seleksi tahap awal di tingkat pusat Ditjen Dikti akan dilakukan dengan mengevaluasi prestasi mahasiswa berprestasi perguruan tinggi melalui berkas-berkas yang menunjukkan capaian prestatif mahasiswa yang bersangkutan, sehubungan dengan ini kami mengharapkan kepada Pimpinan Perguruan Tinggi untuk membuat Surat Keterangan dari Pimpinan Perguruan Tinggi/Rektor yang menyatakan bahwa yang bersangkutan memiliki prestasi yang menonjol dan dapat dibanggakan oleh perguruan tinggi yang bersangkutan;
  7. Mengirim ringkasan Karya Tulis dalam bahasa Inggris yang terpisah dari dokumen Karya Tulis tersebut sebanyak 2 halaman, ukuran A4, huruf Times New Romans 12.
  8. Mengirimkan Daftar Kegiatan Intra dan Ekstra Kurikuler yang disertai bukti-bukti yang sah (sertifikat, piagam penghargaan, surat keterangan, surat pernyataan dll). Apabila hal ini tidak dipindahkan maka akan mengurangi nilai.
  9. Ketentuan pemilihan Mawapres ditetapkan oleh Ditjen Dikti Depdiknas.