Musyawarah Kerja Asosiasi Penerbit Perguruan Tinggi Indonesia (APPTI) Koordinator Wilayah DIY Dan Jawa Tengah

isi-surakarta-musyawarah kerja asosiasi penerbit perguruan tinggi indonesia appti

Pada hari Jumat dan Sabtu tanggal 28 – 29 November 2014, ISI Press sebagai perwakilan penerbitan ISI Surakarta mengikuti Musyawarah Kerja APPTI Korwil DIY dan Jawa Tengah yang berlangsung di Kaliurang. Musyawarah Kerja yang berlangsung selama dua hari tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor I Universitas Sanata Dharma, Dr. Rita Suhadi, M.Apt dan dihadiri antara lain Ketua APPTI Pusat, Dr. Elang Ilik Martawijaya (IPB Press) dan Ketua APPTIKorwil DIY dan Jawa Tengah, Drs. Bambang Prawiro, M.M. (UNS Press) Musyawarah kerja diikuti pengurus berbagai penerbitan perguruan tinggi di wilayah DIY dan Jawa Tengah.

“Penerbit Perguruan Tinggi (University Press) merupakan front liner setiap universitas. Kualitas dan kuantitas penerbitan buku dan jurnal dapat menjadi ukuran bermutu tidaknya sebuah perguruan tinggi. Karena itu, pada Musda bulan Mei 2015 mendatang, APPTI Korwil DIY dan Jawa Tengah akan menyelenggarakan sebuah pertemuan forum rektor untuk mendorong para pimpinan perguruan tinggi memberikan perhatian yang serius terhadap pertumbuhan dan perkembangan university press,” demikian antara lain kesimpulan yang ditarik dari Musyawarah Kerja tersebut. Selain itu, APPTI juga akan membantu dan mendorong pertumbuhan penerbitan perguruan tinggi yang baru mulai berkembang.  APPTI akan dikembangkan menjadi sebuah asosiasi yang profesional, yang mengutamakan trust dan networking yang saling menguntungkan

Ketua panitia penyelenggara yang juga Kepala Pusat Penerbitan Universitas Sanata Dharma, Dr. Yoseph Yapi Taum, M.Hummengungkapkan bahwa musyawarah kerja dirancang dalam format ‘study tour’ yang melibatkan city tour, out bond, diskusi, dan pleno. Musyawarah Kerja itu mengeluarkan sebuah pernyataan yang disebut “Kesepakatan Kaliurang” yang berisi program dan rencana kerja yang perlu segera dilaksanakan oleh anggota-anggotanya.

Logo APPTI dan Kerja Sama

Salah satu persoalan yang mendapat perhatian yang besar dari para anggotanya adalah persoalan kerja sama. Berbagai bentuk kerja sama, yang terwujud dalam program pembentukan website APPTI dan pertukaran informasi antar anggota APPTI, dan sebagainya. Pada kesempatan itu, PT Woolu Aksara Maya yang telah berpengalaman melaksanakan program digitally printing dan memiliki perangkat aplikasi penerbitan MOCO membahas prospek dan seluk-beluk digital printing yang menghasilkan e-book. Sementara itu, Astragraphia memperkenalkan solusi mencetak dengan system PoD (print on demand) yang dengan mudah mencetak buku dalam jumlah yang sesuai dengan permintaan

APPTI Korwil DIY dan Jawa Tengah merekomendasikan agar APPTI Pusat mencantumnkan logonya dalam buku-buku yang diterbitkan oleh anggota-anggotanya. “Dengan logo APPTI, buku-buku tersebut mendapat kesempatan untuk didistribusikan di berbagai bookstore milik anggota APPTI di seluruh Indonesia,” demikian salah satu isi kesepakatan Kaliurang yang dihasilkan dalam musyawarah kerja tersebut.

ISI Press di APPTI

ISI Press pada kesempatan tersebut yang diwakili oleh Asmoro Nurhadi Panindias, M.Sn dan Irvan M.N., MM. dipercaya oleh kepanitiaan untuk menjadi koordinator bidang Litbang dalam merumuskan program kerja APPTI Korwil DIY dan Jateng. Diharapkan dengan peran aktif ISI Press di APPTI akan meningkatkan kualitas penerbitan dan dapat memperluas jaringan terutama di bidang pendistribusian buku hasil terbitan ISI Press, dengan demikian buku-buku hasil dari civitas ISI Surakarta dapat lebih dikenal di kalangan yang lebih luas. (news by Asmoro 2/12/14)

isi-surakarta-musyawarah kerja asosiasi penerbit perguruan tinggi indonesia appti

Peserta Musyawarah Kerja APPTI Korwil DIY dan Jateng