Pelatihan Pelaksanaan Koordinasi Pembangunan Kemitraan Pariwisata Bagi Pelaku Ekonomi Kreatif

isi-surakarta-pelatihan-Pelaksanaan-Koordinasi-Pembangunan-Kemitraan-Pariwisata-Bagi-Pelaku-Ekonomi-Kreatif-bersama-dinaspariwisata-kotasurakarta-2

Prodi DKV FSRD ISI Surakarta Kerjasama dgn Dinas Pariwisata Kota Surakarta Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif adain event “Pelatihan Pelaksanaan Koordinasi Pembangunan Kemitraan Pariwisata Bagi Pelaku Ekonomi Kreatif”. Kegiatan workshop dan praktikum dilaksanakan pada hari tanggal 23-24 Maret 2017 pukul 08.30-13.00 WIB di Ruang Animasi Digital DKV, Lt.1 Gedung Desain, FSRD ISI Surakarta.

Bidang ekonomi kreatif sebagai unsur penting dalam pengembangan pariwisata, khususnya bagi masyarakat maupun pelaku ekonomi kreatif di kota Solo. Dalam rangka peningkatan kompetensi dan kesadaran akan pentingnya aspek visual branding dalam bidang pariwisata, maka  Dinas Pariwisata Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif Kota Surakarta bekerjasama dengan Prodi DKV FSRD ISI Surakarta mengadakan event pelatihan yang berisi seputar merancang visual branding bagi penunjang ekonomi kreatif dengan peserta 50 orang yang terdiri dari 25 perwakilan warga Kampung Sewu dan 25 orang perwakilan dari 5 kecamatan Kota Solo.

Tujuan dari event pelatihan kreatif ini dari peserta warga Kampung Sewu sebagai menunjang event ritual Grebeg Apem Sewu yang diselenggarakan di Kampung Sewu, Kecamatan Jebres, sedangkan peserta dari warga perwakilan kecamatan dalam rangka untuk mendukung event Festival Payung tahun 2017.

Materi pelatihan berupa kolaborasi antara teori dan praktek dengan narasumber dari dosen Prodi DKV FSRD ISI Surakarta, yaitu Asmoro NPA, Agus Sutedjo, Anton Rosanto dan Basnendar H yang dibantu 10 Mahasiwa dalam merancang visual branding, seperti perancangan logo, desain kemasan (packaging), materi promosi, penataan booth (stand), serta membuka ide-ide kreatif dan wawasan dari peserta pelatihan.

Pelatihan yg dimulai mulai 20 -22 Maret berupa ceramah dan diskusi, maka untuk tanggal 23 -24 Maret 2017 berupa workshop dan praktikum merancang visual branding yang akan dibantu mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta untuk mewujudkan ide dan gagasan kreatif visual branding peserta, sehingga setelah pelatihan ini dapat membantu mengembangkan event baik Grebeg Apem Sewu (produk kuliner tradisional apem) maupun Festival Payung.

“Kegiatan ini juga sebagai bentuk kepedulian lembaga perguruan tinggi, khususnya bidang ilmu desain komunikasi visual terhadap masalah yang ada di masyarakat, sehingga tujuan ilmu pengetahuan yang harus menjadi solusi dapat terealisasikan dalam bentuk teknologi tepat guna kepada masyarakat, ujar Basnendar. H selaku Kaprodi DKV ISI Surakarta.”

Untuk optimalisasi kegiatan, maka jadwal Kamis, 23 Maret 2017 khusus untuk peserta dari warga Kampung Sewu , sedangkan untuk Jumat, 24 Maret 2017 khusus untuk peserta dari perwakilan untuk Festival Payung. Setelah pelatihan ini, peserta akan mengikuti studi banding ke lokasi ekonomi kreatif berupa, ke komunitas, sentra industri kreatif dan lokasi perusahaan konveksi (C-59)  yang ada di kota Bandung (direncanakan tgl. 29 – 31 Maret 2017).

isi-surakarta-foto-bersama-peserta-pelatihan-Pelaksanaan-Koordinasi-Pembangunan-Kemitraan-Pariwisata-Bagi-Pelaku-Ekonomi-Kreatif-1Foto Bersama dengan Peserta Pelatihan Pelaksanaan Koordinasi Pembangunan Kemitraan Pariwisata Bagi Pelaku Ekonomi Kreatif. (ft: bsn)

isi-surakarta-kegiatan-workhsop-didampingu mahasiswa prodi dkvPelatihan Workhsop didampingi Mahasiswa Prodi DKV. (ft: bsn)

isi-surakarta-pelatihan-Pelaksanaan-Koordinasi-Pembangunan-Kemitraan-Pariwisata-Bagi-Pelaku-Ekonomi-Kreatif-bersama-dinaspariwisata-kotasurakarta-3 Asmoro NPA salah satu narasumber dari dosen Prodi DKV FSRD ISI Surakarta. (ft: bsn)

isi-surakarta-pelatihan-Pelaksanaan-Koordinasi-Pembangunan-Kemitraan-Pariwisata-Bagi-Pelaku-Ekonomi-Kreatif-bersama-dinaspariwisata-kotasurakarta-4Peserta Pelatihan Pelaksanaan Koordinasi Pembangunan Kemitraan Pariwisata Bagi Pelaku Ekonomi Kreatif. (ft: bsn)