Pelatihan Toefl Bagi Dosen FSRD ISI Surakarta

isi-surakarta-pelatihhan toefl bagi dosen-2

Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Surakarta mengadakan Pelatihan Toefl bagi dosen untuk persiapan persyaratan Sertifikasi Dosen (Serdos). Pelatihan dilaksanakan pada hari Selasa, 19 Mei 2015 pukul 14.00 WIB di Gedung Dekanat FSRD ISI Surakarta Lt. 3 dan dibuka oleh Pembantu Dekan II, Drs. H. M. Arif Jati Purnomo, M.Sn. Pelatihan Toefl akan dilaksanakan 8 kali pertemuan. Peserta yang mengikuti kurang lebih 10 orang dosen.

Test ini sebagai salah satu indikator yang masih diakui secara luas untuk suatu tujuan seperti, prasyaratan serdos, melanjutkan studi dan tugas ke luar negeri. Sebetulnya bagi siapa saja pembelajar bahasa Inggris (non native) memerlukan piranti Toefl ini. Perasaan bahwa bahasa Inggris saat ini sulit memang, ketika dihadapakan dengan soal-soal ‘structure’ yang menurut sebagian mereka harus kembali menghafal rumus-rumus tata bahasa Inggris waktu sekolah dulu. Bisa diantisipasi dengan kembali menyimak, mempelajari Bahasa Inggris dari hal yang disenangi misalnya mencari sinonim dari sebuah arti, juga bisa dipakai untuk menjawab soal ‘structure’.  Tingkat kesulitan akan betambah lagi ketika menghadapi ‘Listening Comprehension’ dikarenakan kita menghadapi paling sedikit dua tahapan yang masing-masing memiliki kesulitan. Yang pertama memahami apa maksud dari soal yang baru saja di dengar.  Kemampuan mendengar bahasa Inggris  yang juga sarat kesulitan menjadi kesulitan pertama. Kesulitan ini bisa diantisipasi dengan memperhatikan kata kunci. Kata kunci ini sering kali muncul di akhir bagian berupa phrase penutup. Hal ini juga dapat dibantu dengan melihat alternatif jawabannya.  Sehingga dapat membantu menemukan fokus pertanyaannya.Kesulitan kedua adalah mencari kesamaan makna apa yang didengar dengan jawaban. Kemiripan dan kedekatan makna sering kali membingungkan. Oleh karena itu perbendaharaan kosa kata sangat penting, semakin banyak perbendaharaan kosa kata semakin besar pertanyaan dapat terjawab.

Donie Fadjar Kurniawan, SS, M. Si., M. Hum selaku tentor mengatakan, “bagian ‘Reading Comprehension’ merupakan bagian yang relatif mudah dibanding dengan dua kelompok di atas.Periksa dan tentukan jawaban dengan hati-hati toh kita masih bisa mengecek lagi arah pertanyaannya.  Oleh karena itu gunakan ketelitian, sehingga nilai Toefl bisa maksimal pada bagian ini”. (news by Anggun 20/5/15)

isi-surakarta-pelatihhan toefl bagi dosen-1

Pelatihan Toefl di Gedung Dekanat FSRD ISI Surakarta Lt. 3.

(Foto: Anggun)

isi-surakarta-pelatihhan toefl bagi dosen-2

Donie Fadjar Kurniawan, SS, M. Si., M. Hum selaku tentor Pelatihan Toefl.

(Foto: Anggun)

isi-surakarta-pelatihhan toefl bagi dosen-3

Penjelasan tentang Toefl oleh Donie Fadjar Kurniawan, SS, M. Si., M. Hum.

(Foto: Anggun)