Pembukaan Kongres Kebudayaan Jawa 2014

isi-surakarta-konres kebudayaan jawa 2014-1

Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta menjadi tuan rumah acara Kongres Kebudayaan Jawa 2014. Pembukaan kongres telah dilaksanakan pada hari Senin, 10 November 2014 bertempat di Pendapa ISI Surakarta pukul 19.30 wib. Kongres tersebut memiliki tema “Revitalisasi Nilai-nilai Dalam Kebudayaan Jawa yang Relevan Untuk Kejayaan Bangsa dan Negara. Dihadiri oleh Direktur Jenderal Kebudayaan,  Gubernur Jawa Tengah, Wali Kota Surakarta, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Pembina YBJ Kanthil, Rektor ISI Surakarta, dan Tamu Undangan lainnya. Acara ini sekaligus menandatangan MoU ISI Surakarta dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Kongres Kebudayaan Jawa 2014 akan dilaksanakan pada tanggal 11-13 di Ballroom Hotel Lor In Surakarta.

Tujuan yang ingin dicapai atas penyelenggaraan Kongres Kebudayaan Jawa ini, antara lain, menghimpun sejumlah sumbang saran dan sumbangsih bangsa tentang hakikat kebudayaan Jawa untuk pembangunan bangsa dalam menghadapi era global untuk diteruskan sebagai masukan kepada para penentu kebijakan dan pengambil keputusan bahwa kebudayaan Jawa memiliki ajaran budi luhur serta membentuk ketahanan budaya bangsa dari penetrasi budaya asing.

Kongres ini akan dihadiri oleh narasumber dari para pengambil kebijakan, direncanakan, pembicara kunci yang akan hadir adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Adapun pembicara utama yang akan hadir adalah Gubernur Jawa Tengah, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Gubernur Jawa Timur. Sementara itu, pembicara panel terdiri atas Sekretaris Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Sesmenkokesra), H. Mardiyanto (mantan Gubernur Jawa Tengah, mantan Mendagri), dan Pangdam IV Diponegoro, serta pembicara dari Keraton Kasunanan Surakarta, Keraton Kasultanan Yogyakarta, dan Direktorat Jenderal Kebudayaan.

Prof. Dr. Sri Rochana W., S.Kar., M. Hum mengatakan, “selamat datang di pendapa ISI Surakarta dalam acara pembukaan kongres kebudayaan jawa. Pada malam ini juga akan ditandatangani nota kesepahaman atau kesepakatan kerjasama antara ISI Surakarta dan Gubernur Jawa Tengah. Semoga dengan adanya kerjasama ini merupakan program-program yang bermanfaat bagi pengembangan budaya Jawa Tengah. Berterima kasih juga kepada Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Republik Indonesia saya berharap bahwa ISI Surakarta saat ini selain sebagai lembaga pendidikan juga sebagai lembaga pengembang budaya. ” (news by Anggun 11/11/14)

isi-surakarta-konres kebudayaan jawa 2014-1

Ganjar Pranowo Selaku Gubernur Jawa Tengah (Foto : Anggun)

 

isi-surakarta-konres kebudayaan jawa 2014-3

Setelah penandatanganan MoU (Foto: Anggun)

 

isi-surakarta-konres kebudayaan jawa 2014-2

Tari Bedhaya Lala ISI Surakarta berpartisipasi

dalam Kongres Kebudayaan Jawa 2014 (Foto: Anggun)