Seminar dan Pameran Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di ISI Surakarta

isi-surakarta-seminar-dan-pameran-hasil-penelitian-dan-pengabdian

Kamis, 24 November 2016 pukul 09.00 WIB, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPMPP) ISI Surakarta menggelar Seminar dan Pameran Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat bertajuk Seni, Teknologi dan Masyarakat di Galeri Seni Kampus II ISI Surakarta, dengan pembicara Dr. Muhammad Dimyati (Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristek Dikti), Dr. Tendy Y. Ramadin (Institut Teknologi Bandung), dan Dr. Guntur, M. Hum (ISI Surakarta).

Kegiatan yang melatarbelakangi Seminar dan Pameran Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat yakni Penelitian saat ini menjadi keharusan bagi dosen, laboran, dan mahasiswa untuk meningkatkan prestasi dan peringkat perguruan tinggi. Peringkat institusi pendidikan yang menjadi impian semua perguruan tinggi di dunia, salah satu parameternya diukur dari produktivitas penelitian. Publikasi ilmiah, hak kekayaan intektual, desain, prototipe, buku, seminar sebagai bagian dari tuntutan luaran penelitian kini mulai ditekankan sebagai paradigma penelitian berbasis out put.Merujuk pada 10 fokus bidang  Rencana Induk Riset Nasional,  seni hanya masuk dalam sub bidang sosial dan humaniora. Walaupun keberadaan seni bisa menjadi bidang yang tidak kalah penting dalam perspektif riset nasional.

Sifat alamiah manusia selalu membutuhkan kesenian, oleh karena itu seni hadir dalam segala sendi kehidupan melintasi batas negara, gender, kepercayaan, agama dan juga lintas bidang ilmu. Wajar jika seni yang menjadi fokus garap para seniman, juga menjadi kajian maupun praktik pengembangan ilmu para ekonom, teknokrat, insinyur, dokter, dan sebagainya. Forum yang terbingkai dalam kegiatan seminar dan pameran hasil penelitian serta pengabdian masyarakat ini berupaya mempertemukan beragam bidang yang bersinggungan dengan seni untuk memaparkan hasil penelitian, pengabdian, maupun dalam bentuk wacana ilmiah

Format penyelenggaraandikemas dalam rangkaian kegiatan, meliputi; Seminar utama dengan pembicara kunci, Seminar penunjang yang terdiri dari semua makalah yang dinyatakan lolos seleksi, dan Pameran hasil penelitian dan pengabdian masyarakat

Peserta Seminar Nasional akan melibatkan; Perguruan Tinggi/Peneliti, Seniman, Pengusaha, Pemerintah Daerah, Asosiasi Pengusaha, Media, LSM, BUMN, CSR, dan sebagainya.

dirjen-penguatan-riset-dan-pengembangan-kemenristek-dikti-dr-muhammad-dimyanti-membuka-seminar-dan-pameran-hasil-penelitian-pengabdian-masyarakat-ditandai-dengan-mande-saton

Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristek Dikti (Dr. Muhammad Dimyanti) membuka Seminar dan Pameran Hasil Penelitian Pengabdian Masyarakat ditandai dengan Mande Saton.

pameran-bahan-pamor-keris-dan-besi-keris-yang-telah-dibuat-semenjak-zaman-dahulu-oleh-soelistyo-joko-soeryono

Pameran Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dengan judul Bahan Pamor Keris dan Besi Keris yang telah dibuat semenjak zaman dahulu oleh  Soelistyo Joko Soeryono.

pameran-pertunjukan-wayang-babad-seybagai-media-pengajaran-nilai-nilai-kebangsaan-bagi-siswa-sekolah-dasar-di-surakarta

Pameran Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dengan judul Pertunjukan Wayang Babad Seybagai Media Pengajaran Nilai-nilai Kebangsaan Bagi Siswa Sekolah Dasar di Surakarta oleh Dr. Sunardi, S. Sn., M. Sn, Dr. Sugeng Nugroho, S. Kar., M. Sn, dan Kuwato, S. Kar., M. Hum.

pameran-teknik-transisi-videografi-berbasis-gerakan-wayang-kulit-karya-ranang-agung-s-handryotopo-anung-rahman

Pameran Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian MasyarakatP dengan judul Teknik Transisi Videografi Berbasis Gerakan Wayang Kulit Karya Ranang Agung. S, Handryotopo, dan Anung Rahman.

seminar-nasional-bertajuk-seni-teknologi-di-galeri-seni-kampus-ii-isi-surakarta

Seminar dan Pameran Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat bertajuk Seni, Teknologi dan Masyarakat di Galeri Seni Kampus II ISI Surakarta, dengan pembicara Dr. Muhammad Dimyati (Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristek Dikti), Dr. Tendy Y. Ramadin (Institut Teknologi Bandung), dan Dr. Guntur, M. Hum (ISI Surakarta).