Seminar Internasional “Konferensi Internasional dan Interdisipliner Penciptaan dan Pengkajian Seni”

isi-surakarta-seminar-internasional-International-and-Interdisciplinary-Conference on-Arts-Creation-and-Studies-IICACS- 2016

Pada tanggal 24-25 Agustus 2016 telah dilaksanakannya seminar internasional yang bertajuk  “International and Interdisciplinary Conference on Arts Creation and Studies (IICACS) 2016” di Teater Kecil ISI Surakarta. Seminar internasional tersebut merupakan sebuah Konferensi Internasional yang terfokus pada penciptaan dan pengkajian dalam interdisiplin ilmu seni. Seminar diisi oleh tiga keynote speaker yaitu Prof. Ramon P Santos (University of the Philippines), Prof. Randy Finch (Taipei National University), dan Prof. Tirta N. Mursitama. Ph.D (Bina Nusantara University, Indonesia). Selain keynote speaker juga akan ada presentasi hasil penelitian dari 22 presenter dari 5 negara terdiri dari Indonesia, Malaysia, Mexico, United Kingdom, dan Belanda

Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat peserta satu dengan lainnya, yang juga diisi oleh beberapa pertunjukan seni. Selain itu, kegiatan ini juga untuk memberikan ruang untuk menjalin relasi dan meningkatkan kompetensi dalam membangun jaringan Internasional.

Dalam serangkaian acara seminar internasional juga ada workshop yang akan diisi oleh Prof. Randy Finch (Film), Dra. F.P. Sri Wuryani, M.Sn. (Batik), Dr. AL.Suwardi, S.Kar., M.A. (Gamelan), Basuki Teguh Yuwono, S.Sn., M.Sn. (Keris).

Adanya sebuah forum dalam konferensi Internasional ini akan mewadahi isu-isu seni yang terus berkembang di masyarakat dunia. Oleh karena itu, peserta kegiatan ini adalah akademisi, baik itu mahasiswa, dosen, maupun profesional di bidang seni dari berbagai negara lingkup Internasional. Konferensi ini melibatkan representatif dari beberapa negara, sehingga bahasa resmi yang akan dipakai adalah bahasa Inggris.

Melalui kegiatan ini, panitia (Student Affairs of Indonesia Institute of the Arts) atau yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa English Debating Club (EDC) ingin sekali membuat koneksi Internasional dengan akademisi yang juga konsen di bidang seni. Melalui kegiatan konferensi ini diharapkan dapat menghasilkan terobosan-terobosan baru berupa pemikiran-pemikiran yang segar dari berbagai ahli di seluruh dunia yang memiliki perhatian di bidang seni.

isi-surakarta-seminar-internasional-International-and-Interdisciplinary-Conference on-Arts-Creation-and-Studies-IICACS- 2016-(1)Ketiga keynote speaker yaitu Prof. Ramon P Santos (University of the Philippines), Prof. Randy Finch (Taipei National University), dan Prof. Tirta N. Mursitama. Ph.D (Bina Nusantara University, Indonesia) di moderatori oleh Prof. Dr. Santosa, M.Mus, MA, Ph.D.