Seminar Nasional “Eksistensi Pelaku Seni Untuk Memperkokoh Identitas Kebangsaan”

isi-surakarta-Seminar-Nasional -Eksistensi-Pelaku-Seni-Untuk-Memperkokoh-Identitas-Kebangsaan-badan-eksekutif-mahasiswa-1

Identitas kebangsaan merupakan sebuah faktor yang sangat menentukan jati diri sebuah negara ataupun bangsa yang pada prinsipnya identitas itulah yang menandakan eksistensi bangsa di lingkungan internasional. Bertolak dari konsep di atas, sangat penting bagi setiap bangsa untuk mampu mempertahankan identitas kebangsaannya demi eksistensi bangsa tersebut dan harga diri, jati diri, dan kehormatan bangsa.

Peran serta pelaku seni dalam menjaga identitas bangsa juga diperlukan karena pelaku seni adalah masyarakat yang melestarikan warisan budaya bangsa. Berbagai peran pelaku seni sangatlah penting untuk menjaga serta mengamalkan identitas bangsa. Untuk peran ini, pelaku seni memiliki tugas yang tidak mudah dalam menjaga serta mengamalkannya. Namun tentunya hal ini merupakan tantangan bagi pelaku seni untuk mempertahankan serta mengamalkan Identitas bangsa.

Dengan adanya latar belakang tersebut, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) ISI Surakarta menggelar Seminar Nasional yang bertemakan “Eksistensi Pelaku Seni Untuk Memperkokoh Identitas Kebangsaan” pada hari Selasa, 10 Oktober 2017 di Teater Besar ISI Surakarta dan dibuka oleh bapak Rektor, Dr. Drs. Guntur , M. Hum, sebagai simbolis dengan pemukulan Gong.

Seminar Nasional yang bertemakan “Eksistensi Pelaku Seni Untuk Memperkokoh Identitas Kebangsaan”  bertujuan untuk Membuka wawasan kebangsaan dan kebudayaan, Meningkatkan pemahaman identitas bangsa kepada pelaku seni, Meningkatkan kemampuan pelaku seni dalam memperkokoh identitas bangsa, dan Meningkatkan kualitas pelaku seni dalam mengamalkan identitas kebangsaan.

“Relasi Pendidikan Budaya dan Kebangsaan saat ini sangatlah penting dan menarik untuk didiskusikan di era modern, dengan mobilitas tinggi terutama di Indonesia. Tema dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan wawasan juga dorongan mental kepada seluruh lapisan masyarakat, terutama untuk lebih sadar akan arti penting korelasi antara Kebudayaan kebangsaan yang harus menjadi landasan kita semua”, Ike Nova Prasetiani selaku Ketua Panitia Seminar Nasional.

Pembicara dalam acara seminar nasional kali ini sebagai berikut; Keynote Speaker oleh Prof. Dr. Sri Edhi Swasono (Guru Besar Ekonomi Universitas Indonesia), dan Pemateri Seminar yakni; Joko Winarko, S.Sn., M.Sn. (Dosen Fakultas Bahasa dan Seni, Universita Negeri Surabaya), Mubarika Dyah Fitri Nugraheni, S.Ant, M.A. (Dosen UGM Fak. Ilmu Budaya, Universitas Gajah Mada), dan Maria Ekaristi (Praktisi dan Inisiator Denpasar Film Festival). Dan perwakilan kurang lebih 200 mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia serta dari berbagai latar belakang ilmu yang berbeda.

isi-surakarta-pembukaan-Seminar-Nasional -Eksistensi-Pelaku-Seni-Untuk-Memperkokoh-Identitas-Kebangsaan-badan-eksekutif-mahasiswa-2

Dr. Drs. Guntur, M. Hum (Rektor ISI Surakarta) dengan Keynote Speaker Prof. Dr. Sri Edhi Swasono (Guru Besar Ekonomi Universitas Indonesia) dalam pembukaan Seminar Nasional “Eksistensi Pelaku Seni Untuk Memperkokoh Identitas Kebangsaan”.

isi-surakarta-pembukaan-Seminar-Nasional -Eksistensi-Pelaku-Seni-Untuk-Memperkokoh-Identitas-Kebangsaan-badan-eksekutif-mahasiswa-3

Pembukaan Seminar Nasional “Eksistensi Pelaku Seni Untuk Memperkokoh Identitas Kebangsaan”

di Teater Besar ISI Surakarta.