Seminar Nasional “Soft Skill & Spiritual Skill Pustakawan dalam Layanan Prima Perpustakaan”

isi-surakarta-seminar-nasional-soft-skill-spiritual-skill-pustakawan-dalam-layanan-prima-perpustakaan-2

Dalam rangka Dies Natalis ke-52 Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Perpustakaan Institut Seni Indonesia Surakarta menyelenggarakan kegiatan seminar nasional Soft Skill & Spiritual Skill Pustakawan dalam Layanan Prima Perpustakaan. Seminar dilaksanakan pada tanggal 21 September 2016 di Ruang Seminar ISI Surakarta.

Kompetensi pustakawan dalam melaksanakan sebuah pekerjaan tidak hanya didukung secara teknis atau hard skill saja, namun dibutuhkan keterampilan lain yang bersifat nonteknis, berupa soft skill & spiritual skill yang mendukung dalam bidang apapun. Soft skill & spiritual skill erat kaitannya dengan kepribadian seseorang yang menjadikan karyawan baik, unggul dan dapat diandalkan dalam bekerja. Selain itu, menciptakan hubungan baik dengan menerapkan soft skill & spiritual skill terhadap pemustaka menjadi hal penting.

Kemampuan soft skill & spiritual skill menjadi bagian dalam pencapaian tujuan keberhasilan penyelenggaraan layanan prima di perpustakaaan. Guna menjawab pertanyaan tersebut kiranya perlu suatu bentuk kegiatan pengkajian dan pembahasan lebih mendalam mengenai soft skill & spiritual skill dalam layanan prima perpustakaan. Oleh karena itu, sangatlah tepat didakannya kegiatan seminar nasional dengan judul Soft Skill & Spiritual Skill Pustakawan dalam Layanan Prima Perpustakaan.

Seminar ini menghadirkan narasumber yang telah berpengalaman dalam mengelola suatu perpustakaan yakni  Dr. Muhammad Rohmadi, S.S., M. Hum. (Ka. Perpustakaan UNS, Surakarta) dan H. Sokhibul Ansor, S.Sos, M.Hum. (Pustakawan Universitas Negeri Malang). Peserta seminar nasional yakni para pustakawan, pengelola perpustakaan, mahasiswa, dan pemerhati perpustakaan yang berasal dari berbagai wilayah di indonesia

Seminar Nasional Soft Skill & Spiritual Skill Pustakawan dalam Layanan Prima Perpustakaan  bertujuan Sebagai wahana menambah pengetahuan dan memperluas wawasan para pustakawan, pengelola perpustakaan, mahasiswa dan pemerhati perpustakaan tentang soft skill & spiritual skill dalam layanan prima perpustakaan, Sebagai wahana mencermati perkembangan Teknologi Informasi dan “Net Generation” atau “the Native Gadget” dikaitkan dengan soft skill & spiritual skill dalam layanan prima perpustakaan, dan Sebagai wahana pembekalan dan mencari sistem layanan terbaik para pustakawan, pengelola perpustakaan, dan pemerhati perpustakaan tentang soft skill & spiritual skill dalam layanan prima perpustakaan.

Prof. Dr. Sri Rochana W, S. Kar., M. Hum selaku Rektor ISI Surakarta dalam sambutannya mengatakan, “seminar nasional ini sangat bermanfaat untuk berdiskusi bersama, dan ini merupakan seminar yang menarik yang pasti peserta bisa belajar dari pengalaman masing-masing karena sekarang itu daya tarik perpustakaan itu menurun, sehingga perlu adanya strategi yang dikembangkan dengan cara-cara jitu dan kiat-kiat yang strategis supaya perpustakaan tetap menjadi tujuan penting dan utama para mahasiswa untuk menggali ilmu pengetahuan”.

isi-surakarta-seminar-nasional-soft-skill-spiritual-skill-pustakawan-dalam-layanan-prima-perpustakaan-1Peserta dan Tamu Undangan Seminar Nasional

“Soft Skill & Spiritual Skill Pustakawan dalam Layanan Prima Perpustakaan” di Ruang Seminar ISI Surakarta

isi-surakarta-seminar-nasional-soft-skill-spiritual-skill-pustakawan-dalam-layanan-prima-perpustakaan-3Foto bersama dengan kedua narasumber yakni Dr. Muhammad Rohmadi, S.S., M. Hum. (Ka. Perpustakaan UNS, Surakarta) dan H. Sokhibul Ansor, S.Sos, M.Hum. (Pustakawan Universitas Negeri Malang) saat pembukaan Seminar Nasional “Soft Skill & Spiritual Skill Pustakawan dalam Layanan Prima Perpustakaan”.