TOT Pembinaan Program Kreativitas Mahasiswa ISI Surakarta

isi-surakarta-tot pembinaan pkm-2

Institut Seni Indonesia Surakarta pada hari Jum’at, 31 Oktober 2014 menyelenggarakan seminar tentang Training Of Trainer (TOT) Pembinaan Program Kreativitas Mahasiswa ISI Surakarta bertempat di Ruang Seminar ISI Surakarta pukul 08.30-16.00 wib. TOT Pembinaan Program Kreativitas Mahasiswa diperlukan untuk membekali dosen agar memahami berbagai ketentuan dalam PKM dan PIMNAS, Dapat mengarahkan mahasiswa sesuai dengan level kreativitas yang ideal bagi mahasiswa, dan dapat memberi advokasi dan memfasilitasi tumbuhnya ide-ide orisinal mahasiswa.

Dalam kegiatan tersebut mendatangkan dua pembicara, yang pertama adalah Dr. Senawi, M.P (Direktur Kemahasiswaan UGM) berbicara tentang Konsep pola pengembangan kemahasiswaan dan Penanaman sikap ilmiah, stimulasi daya kreasi dan inovasi. Sedangkan pembicara kedua yakni Ir. Bambang Sulistiyanto, M.Agr.Sc., Ph.D (UNDIP) tentang PKM dan PIMNAS. PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) adalah wadah bagi mahasiswa untuk melaksanakan latihan dalam pengembangan diri dalam hal academic knowledge, skill of thinking, management skill, dan formal writing skill. Sedangkan PIMNAS adalah ujung muara pembinaan program kreativitas mahasiswa dalam hal academic knowledge, skill of thinking , management skill, dan formal writing skill di bidang penelitian, pengabdian kepada masyarakat, kewirausahaan, pengembangan karsa dan nalar mahasiswa untuk menghasilkan sistem, desain, model/barang, atau prototipr dan sejenisnya, serta keterampilan dalam menulis ide-ide kreatif sebagai respon intelektual terhadap persoalan-persoalan aktual di masyarakat.

Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk Mengenalkan kepada dosen berbagai model penelitian, pengabdian kepada masyarakat, kegiatan kewirausahaan, penciptaan sistem, desain, model/barang, atau prototipe dari suatu kegiata karya cipta, dan pengembangan gagasan kreatif untuk ditulis menjadi artikel yang elligible bagi PKM dan PIMNAS, Mengenalkan kepada dosen berbagai scheme pada Program Kreativitas Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Dikti agar dapat melakukan pendampingan dan pembimbingan dalam peningkatan partisipasi dan prestasi mahasiswa dalam PKM dan PIMNAS, dan Mempercepat pencapaian visi ISI Surakarta untuk menjadi pusat pengembangan seni dan ilmu-ilmu seni demi ketahanan budaya dengan tetap melestarikan nilai-nilai kearifan budaya Nusantara.

Bentuk kegiatan dalam acara ini berupa pelatihan untuk dosen sebagai pendamping dan pembimbing mahasiswa dalam kegiatan PKM dan PIMNAS. Peserta sebanyak 30 dosen dan 14 pengelola program studi. (news by Anggun 31/10/14)

isi-surakarta-tot pembinaan pkm-1

Pembicara pertama oleh Dr. Senawi, M.P (Direktur Kemahasiswaan UGM).

(Foto: Anggun)

 

isi-surakarta-tot pembinaan pkm-2

 

Pembicara kedua oleh Ir. Bambang Sulistiyanto, M.Agr.Sc., Ph.D (UNDP).

(Foto: Anggun)