Workshop Prodi Seni Teater ISI Surakarta bersama Prof. Milan Sladek

isi-surakarta-Workshop-Prodi-Seni-Teater-bersama-ProfMilanSladek-3

Prodi Seni Teater Fakultas Seni Pertunjukan ISI Surakarta menyelenggarakan workshop bersama Prof. Milan Sladek. Beliau adalah sutradara, aktor, artis pantomime kelahiran Slovakia yang saat ini menetap di Jerman. Beliau pernah menjadi guru besar Seni Pantomime di Sekolah Tinggi Folkwang di Essen – Jerman. Sejak tahun 1980, Prof. Milan Sladek sering datang ke Indonesia untuk mengadakan sejumlah workshop dan pementasan.

Rangkaian kegiatan workshop berlangsung pada tanggal 3 – 8 Februari 2017 di Gedung Prodi Seni Teater. Pesertanya adalah mahasiswa atau mahasiswi Prodi Seni Teater Fakultas Seni Pertunjukan ISI Surakarta dari hasil audisi yang dilakukan sebelumnya. Materi yang diberikan dalam workshop meliputi analisis naskah, pelatihan vokal, pemeranan, dan perekaman dramatic reading.

Workshop ini dilaksanakan dalam rangka persiapan pementasan “Antigone” pada bulan Juli 2017 di Surakarta. Naskah Antigone yang ditulis oleh Sophocles, menjadi inspirasi Prof. Milan Sladek dalam menciptakan “Antigone”. Pertunjukan ini sebelumnya sudah dipentaskan di beberapa negara. Untuk pementasan di Indonesia, beliau mengajak Prodi Seni Teater ISI Surakarta untuk mewujudkannya bersama beberapa seniman yang berasal dari Surakarta, Jerman, dan Slovakia. Kegiatan ini merupakan awal dari kerjasama Prodi Seni Teater ISI Surakarta dengan Prof. Milan Sladek selanjutnya.

Bagong Pujiono, S.Sn., M.Sn selaku Kaprodi Seni Teater Fakultas Seni Pertunjukan ISI Surakarta mengatakan, “kita nantikan saja hasil dari workshop ini dalam pementasan “Antigone” pada Juli 2017 di ISI Surakarta”.

isi-surakarta-Workshop-Prodi-Seni-Teater-bersama-ProfMilanSladek-1-jpgProf. Milan Sladek memberikan penjelasan dalam proses analisis naskah Antigone.

(ft:teater)

isi-surakarta-Workshop-Prodi-Seni-Teater-bersama-ProfMilanSladek-Peserta menyaksikan dokumentasi pertunjukan Antigone.

(ft:teater)

isi-surakarta-Workshop-Prodi-Seni-Teater-bersama-ProfMilanSladek-4Peserta workshop dan Prof. Milan Sladek foto bersama setelah proses rekaman dramatic reading.

(ft:teater)