Workshop Videografi Sebagai Media Pembelajaran Siswa SMA/Kejuruan

isi-surakarta-Workshop- Videografi-Media-Pembelajaran-Siswa-SMA-Kejuruan

Program Studi Televisi dan Film FSRD ISI Surakarta bekerjasama dengan Jurusan Multimedia SMK Veteran I Sukoharjo Jawa Tengah melalui Himpunan Mahasiswa Program Studi Televisi akan mengadakan sebuah kegiatan/event berupa Workshop Videografi Sebagai Media Pembelajaran Siswa Sekolah Menengah Atas/Kejuruan yang pada kesempatan kali ini sebagai pesertanya adalah siswa siswi kelas X Jurusan Multimedia SMK Veteran I Sukoharjo Jawa Tengah, yang dilaksanakan pada hari Kamis, 19 Mei 2016 pukul 09.00 WIB di Galeri Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Surakarta.

Seiring kemajuan teknologi informasi saat ini khususnya teknologi audiovisual, ketrampilan penggunaan atau operasional kamera video telah menjadi sebuah tambahan ketrampilan yang menjanjikan untuk sebuah kreatifitas seni media rekam. Meskipun hanya mungkin sekedar hobi ataupun sebuah sarana tambahan di sekolahan ketrampilan operasional alat rekam audiovisual ini dapat juga dinakan sebagai lahan pekerjaan/profesi yang menuntut sebuah profesionalisme pemanfaatannya. Kamera video dalam berbagai berbagai format sarana atau alatnya kini telah banyak beredar di pasaran, mulai dari sebuah handphone, kamera foto DSLR hingga kamera video baik yang semi atau pun profesional. Bidang videografi yang menggunakan sarana dasar kamera video ini telah menjadi salah satu bidang industri kreatif yang apabila penggunaan dan pemanfaatannya dapat dimaksimalkan tentunya akan dapat digunakan untuk menunjang ekonomi kreatif bagi pelakunya.

NRA. Candra, M.Sn selaku Kaprodi Televisi dan Film mengatakan, “kegiatan ini merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya untuk program pengabdian kepada masyarakat yang melibatkan mahasiswa dengan arahan langsung oleh dosen-dosen Program Studi Televisi dan Film yang memang memiliki kompetensi utama di bidang mata kuliah Videografi. Nantinya, kegiatan ini juga dapat diperuntukkan bagi siswa-siswi tingkat SMA/SMK/MA se-kota Surakarta atau daerah lainnya, sebagai sarana memperkenalkan eksistensi Program Studi Televisi dan Film FSRD ISI Surakarta di masyarakat.