Emirati Ambassador

Angkat Tema dari 12 Pasar Tradisional di Surakarta sebagai Materi Pameran Visual Branding

isi-surakarta-Angkat-Tema-dari-12-Pasar- Tradisional-di- Surakarta-sebagai-Materi- Pameran-Visual-Brandin-1

Visual branding dan tipografi unsur penting dalam desain komunikasi visual yang sangat penting diterapkan bagi lembaga, komunitas, maupun sebuah perusahaan sebagai identitas yang bisa meningkatkan citra positif.

Kondisi tersebut, juga melekat kepada pasar tradisional yang banyak di Surakarta, dimana kondisi branding pasar tersebut belum digarap secara maksimal.

Maka sebagai media edukasi dalam perkuliahan di semester III Angkatan 2016 Prodi DKV FSRD ISI Surakarta mencoba menawarkan hasil rancangan visual branding untuk 12 (dua belas) Pasar Tradisional di Surakarta serta rancangan beragam tipografi nusantara.

Hasil rancangan mahasiswa dari tugas 2 (dua) mata kuliah Desain Piktogram dan Identitas Korporat serta Tipografi Nusantara, akan dipamerkan sehari pada besuk Jumat, 19 Januari 2018 mulai jam 09.30 wib di Ruang Animasi Digital Lt. 1 Gd. V FSRD ISI Surakarta, Kampus Mojosongo.

Karya desain sekitar 150an sebagai karya dari 44 mahasiswa angkatan 2016 yang mengangkat tema branding visual dengan beragam desain, baik perancangan logo berupa GSM (Graphic Standart Manual) dan penerapan logo di media kartu nama, amplop, kalender, sticker, sign system, papan penunjuk arah, serta media terapan lainnya.

Pasar Kabangan, Pasar Kembang dan Pasar Kliwon serta pasar tradisional di Surakarta lainnya diangkat sesuai tema atau karakter produk yang dijual di pasar tersebut, sehingga diharapkan desain piktogram dan Identitas korporat dari pasar tradisional tersebut bisa lebih menarik, unik serta berfungsi untuk meningkatkan branding (citra) pasar itu sendiri.

Sedangkan karya tipografi nusantara akan mengangkat tema dari tradisi yang ada dan tumbuh di Indonesia menjadi tema typeface (jenis huruf) yang menarik serta muatan unsur lokalnya lebih tersirat dari karya-karya mahasiswa semester III ini.

Pendukung kegiatan pameran, juga akan digelar di hari yang sama berupa Workshop Ilustrasi Media Cat Air di Ruang Animasi Manual Lt.1 dengan peserta dari siswa SD Negeri VI Mojosongo, dimana 40 siswa akan ikut serta. Workshop ini sebagai media edukasi mengenalkan potensi seni dan kreativitas kepada anak usia dini.

Kegiatan di kampus ini sebagai pre event pameran besar angkatan 2016 yang bertajuk KALA KELANA, Visual Branding Exhibition yang akan digelar bulan Maret mendatang sebagai media promosi dan mengenalkan potensi Prodi Desain Komunikasi Visual FSRD ISI Surakarta ke masyarakat luas. [hutalaisiska]

isi-surakarta-Angkat-Tema-dari-12-Pasar- Tradisional-di- Surakarta-sebagai-Materi- Pameran-Visual-Brandin-2 isi-surakarta-Angkat-Tema-dari-12-Pasar- Tradisional-di- Surakarta-sebagai-Materi- Pameran-Visual-Brandin-3

Pameran branding visual dengan beragam desain Ruang Animasi Digital Lt. 1 Gd. V FSRD ISI Surakarta, Kampus Mojosongo.