Batik Art Fest 2018

4C058723-245E-402F-A401-E7C3EE58D19D

Batik adalah karya seni bernilai tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia, sebagai warisan budaya yang telah mengalami perkembangan seiring dengan perjalanan waktu.
ISI Surakarta sebagai perguruan tinggi seni berbasis kearifan budaya nusantara mendapatkan mandat dari UNESCO untuk membuka pendidikan formal Batik. Maka pada tahun 2012 terlahir program studi batik, Jurusan Kriya, Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), ISI Surakarta.
Selayaknya potensi hasil proses kebudayaan ini diangkat menjadi sebuah pengetahuan yang secara sistematis lewat pendidikan perguruan tinggi. Sehingga selain dapat menguatkan eksistensi batik juga akan memunculkan perkembangan baru baik dari aspek keilmuan, teknis hingga aspek ekonomis yang pada akhirnya menjadi penguat daya saing bangsa Indonesia.
Terkait dengan penguatan daya saing bangsa di ranah global, ISI Surakarta memberi dukungan pada kegiatan World Batik Day yang merupakan sebuah upaya strategi dalam mengangkat eksistensi batik menjadi warisan budaya dunia. Digunakan sebagai sarana pendidikan, promosi dan sekaligus sebagai media interaksi ekonomi sosial budaya masyarakat Indonesia untuk menghadapi persaingan global.[humasisiska]