Batik Art Fest ISI Surakarta

img_5682

Pada tanggal 2 Oktober 2016 Program Studi Batik, Jurusan Kriya, Fakultas Seni Rupa Desain, ISI Surakarta menggelar Batik Art Fest di Lingkungan Kampus II FSRD ISI Surakarta. Acara tersebut dilaksanakan dalam rangka World Batik Day yang sudah diputuskan oleh UNESCO. Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia, merupakan karya warisan budaya yang telah mengalami perkembangan seiring dengan perjalanan waktu.

Munculnya paradikma pendidikan yang mangacu pada potensi lokal diangkat ke ranah pendidikan formal, menjadi suatu fenomena yang sangat menarik. Potensi lokal seperti batik, muncul sebagai hasil dari perjalanan kebudayaan yang memerlukan proses panjang dan kompleksitas permasalahan yang rumit. Maka sudah selayaknya potensi hasil proses kebudayaan ini diangkat menjadi sebuah pengetahuan yang secara sistematis dilegal formalkan lewat pendidikan perguruan tinggi. Sehingga selain dapat menguatkan eksistensi batik juga akan memunculkan perkembangan baru baik dari aspek keilmuan, keteknisan hingga aspek ekonomis yang pada akhirnya menjadi penguat daya saing bangsa Indonesia.

Terkait dengan penguatan daya saing bangsa Indonesia di ranah global, maka sudah selayaknya ISI Surakarta dalam hal ini Fakultas Seni Rupa Desain yang mempunyai Program Studi Batik mengambil peran yang signifikan di dalam mengangkat eksistensi batik dan sekaligus mengembangkan Batik, baik dari aspek keilmuan, keteknisan maupun aspek yang lainnya. Salah satunya dengan memberi dukungan pada kegiatan World Batik Day yang merupakan sebuah upaya strategi dalam mengangkat eksistensi batik ke ranah global. Digunakan sebagai sarana pendidikan, promosi dan sekaligus sebagai media interaksi ekonomi sosial budaya masyarakat Indonesia untuk menguatkan ketahanan masyarakat dalam menghadapi persaingan global. Sehingga sangatlah penting dibuat sebuah event kegiatan yang mampu menjadi pusat perhatian dalam rangka World Batik Day.

Dalam rangka memeriahkan World Batik Day, berbagai macam jenis kegiatan yang bertajuk “Batik Art Fest” 2016 di FSRD ISI Surakarta seperti; Batik Art Fashion, Seminar Batik Internasional, Pameran dan Bazar Batik Nusantara, Seribu Anak Membatik, dan  Workshop (Topeng Batik, Batik Kayu, Motif Batik Fractal).

isi-surakarta-batik-art-fest-world-batik-day-1Tari Sekar Gadung mahasiswa ISI Surakarta sebagai pembuka acara Batik Art Fest 2016.

isi-surakarta-batik-art-fest-world-batik-day-3Fashion Show Batik Banyumas “Untukmu Kunes”

karya Galih Hady Soemarto (Lulusan Mahasiswa Prodi Batik FSRD ISI Surakarta).

isi-surakarta-batik-art-fest-world-batik-day-5Prof. Dr. Sri Rochana W, S. Kar., M. Hum selaku Rektor ISI Surakarta

membuka acara Batik Art Fest 2016 ditandai dengan membatik pada kain primisima.

isi-surakarta-batik-art-fest-world-batik-day-6isi-surakarta-batik-art-fest-world-batik-day-9

Pagelaran Batik Tempo Doeloe “Ngadi Salira Ngadi Busana”

oleh Fafa Utami (Seratan Antique Batik).

isi-surakarta-batik-art-fest-world-batik-day-10Salah satu peserta membatik 12 Jam di Halaman Gedung Prabangkara FSRD ISI Surakarta.

 isi-surakarta-batik-art-fest-world-batik-day-11

Stand Bazar di Lingkungan Gedung Prabangkara FSRD ISI Surakarta.