Batik Art Festival ISI Surakarta Tahun 2108

isi-surakarta-batik-art-fest-2018-1

ISI Surakarta sebagai perguruan tinggi seni berbasis kearifan budaya nusantara pada tahun 2012 melahirkan Program Studi D-4 Batik, pada Jurusan Kriya, Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), ISI Surakarta. Munculnya program studi tersebut diharapkan  dapat menguatkan eksistensi batik dan  mengembangankan wacana keilmuan batik  baik dari aspek seni, teknologi hingga aspek ekonomis,  yang pada akhirnya menjadi penguat daya saing bangsa Indonesia.

Terkait dengan penguatan daya saing bangsa Indonesia di ranah global, maka sudah selayaknya  ISI Surakarta yang mempunyai Program Studi Batik mengambil peran yang signifikan di dalam mengangkat eksistensi batik dan sekaligus mengembangkan Batik, baik dari aspek keilmuan, keteknisan maupun aspek yang lainnya. Salah satunya dengan memberi dukungan pada kegiatan World Batik Day yang merupakan sebuah upaya strategi dalam mengangkat eksistensi batik keranah global dari warisan budaya nusantara menjadi warisan budaya dunia. Digunakan sebagai sarana pendidikan, promosi dan sekaligus sebagai media interaksi ekonomi sosial budaya masyarakat Indonesia untuk menguatkan ketahanan masyarakat dalam menghadapi persaingan global. Sehingga sangatlah penting dibuat sebuah event kegiatan yang mampu menjadi pusat perhatian dalam rangka World Batik Day.

Batik Art Fashion Tahun 2018 kali ini merupakan kegiatan dalam bentuk festival dengan menampilkan rancangan-rancangan fashion dari pelajar SMK/SMA dan desainer muda berbakat seluruh Indonesia. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 5 – 6 Oktober 2018 di Gedung Sungging Prabangkara Kampus II Mojosongo ISI Surakarta. Sasaran peserta : perwakilan Perguruan Tinggi yang mempunyai Program Studi Tekstil, Batik, Desain Fesyen dan Tata Busana, SMK, UKM dan pelaku usaha industri fashion di Indonesia.

Dalam serangkaian acara Batik Art Fest tersebut juga ada kegiatan lainnya seperti Talk Show Batik, Membatik 12 Jam, Pameran Batik, Bazar Batik Nusantara, Lomba Menggambar batik, dan Workshop Batik. [humasisiska]