Darmasiswa Republik Indonesia Tahun 2018-2019 di ISI Surakarta

isi-surakarta-Darmasiswa- Republik-Indonesia-Tahun- 2018-2019-di-ISI-Surakarta-4

Selamat Datang Mahasiswa Darmasiswa
Tahun ini, Institut Seni Indonesia Surakarta kembali menerima mahasiswa asing yang tergabung dalam kegiatan Darmasiswa Republik Indonesia tahun 2018-2019.
Sebanyak 21 orang mahasiswa asing dari 14 negara berbeda akan belajar di sejumlah program studi yang ada di ISI Surakarta selama kurang lebih satu tahun ke depan. Empat belas Negara itu meliputi Aljazair, Grenada, Hungaria, India, Jepang, Meksiko, Myanmar, Kroasia, Saint Kitts & Nevis, Singapura, Slovakia, Spanyol, Timor Leste, Zimbabwe.

Upacara penyambutan peserta Darmasiswa dipimpin langsung oleh Rektor ISI Surakarta di Ruang Seminar, Kamis (6/9). Sembilan orang laki-laki dan 12 perempuan akan belajar di prodi Karawitan (3 orang), Tari (3), Pedalangan (3), Teater (6), Etnomusikologi (1), Seni Murni (2), Kriya (1), dan Batik (2). Dalam laporannya, Kepala Pusat Urusan Internasional ISI Surakarta, Matheus Wasi Bantolo mengatakan bahwa ke-21 peserta Darmasiswa ini telah melalui proses seleksi baik administrasi, kompetensi, dan potensi mereka untuk bisa mengembangkan ilmu yang telah dipelajari di ISI Surakarta di negerinya masing-masing. “kami optimis, bahwa mereka, sekembalinya dari ISI Surakarta ke Negara mereka masing-masing akan membawa kesan yang baik tentang ISI Surakarta, dan Indonesia pada umumnya,” tegas Wasi.

Dalam sambutannya, Rektor ISI Surakarta, Guntur, berharap para peserta Darmasiswa dapat memanfaatkan kesempatan belajar di Indonesia ini dengan sebaik-baiknya sehingga bisa memberikan nilai tambah sekembali mereka ke kampung halaman. “Saya juga berharap, para peserta Darmasiswa benar-benar memperhatikan ketentuan dan peraturan yang berlaku di Indonesia, terutama budaya-tradisi yang berjalan di Solo dan sekitarnya.” Hal ini dimaksudkan Rektor agar tidak terjadi pelanggaran ketentuan, terutama terkait dengan ijin tinggal warga asing, dan berbagai ketentuan lainnya. [humasisiska]

isi-surakarta-Darmasiswa- Republik-Indonesia-Tahun- 2018-2019-di-ISI-Surakarta-1 isi-surakarta-Darmasiswa- Republik-Indonesia-Tahun- 2018-2019-di-ISI-Surakarta-2 isi-surakarta-Darmasiswa- Republik-Indonesia-Tahun- 2018-2019-di-ISI-Surakarta-3 isi-surakarta-Darmasiswa- Republik-Indonesia-Tahun- 2018-2019-di-ISI-Surakarta-5 isi-surakarta-Darmasiswa- Republik-Indonesia-Tahun- 2018-2019-di-ISI-Surakarta-6