DKV ISI Surakarta Gelar Grafiti Massal di Soloborasi #5

isi-surakarta-DKV-ISI-Surakarta-Gelar-Grafiti-Massal-di-Soloborasi-#5-3

Mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual Institut Seni Indonesia Surakarta menggelar kegiatan Grafiti Massal di Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day, Jalan Slamet Riyadi Solo, Minggu (24/11). Aksi ini sebagai rangkaian event Soloborasi #5 yang mengambil tema “Semerbak Wangi Kopi di Slamet Riyadi” dengan 4 (empat) subsektor kreatif dari kuliner, desain produk, televisi dan radio, juga desain komunikasi visual.
Event Soloborasi #5 dibuka oleh Walikota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo mulai jam 06.00 WIB di Depan Loji Gandrung Jalan Slamet Riyadi Surakarta dengan seremonial membuka tirai penutup sebuah manekin yang mengenakan dresscode bertema motif kopi.

Sekitar 30-an mahasiwa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta, angkatan 2019 beraksi lewat grafiti massal di media triplek besar berjumlah 5 (lima) buah berukuran 244 cm x 610 cm. Karya grafiti berupa simbolisasi seputar sejarah kopi, jenis, rupa, rasa, dan aroma kopi di nusantara, proses pembuatan kopi, gaya hidup penggemar kopi, dan visual lainnya yang terkait kopi nusantara.

Aksi seni ini mengajak masyarakat pengunjung Car Free Day ikut menggoreskan kuas dengan cat tembok berwarna di media triplek sebagai wujud keterlibatan masyarakat untuk mendukung industri kreatif yang digalakkan oleh pemerintah. Selain itu ada hiburan pertunjukan Kethoprak Ngampung Art Camp, workshop industri kreatif, juga pembagian 500 cup kopi yang disajikan langsung oleh para barista di Kota Solo dan pembagian 300 kue leker.[humasisiska]

isi-surakarta-DKV-ISI-Surakarta-Gelar-Grafiti-Massal-di-Soloborasi-#5-1 isi-surakarta-DKV-ISI-Surakarta-Gelar-Grafiti-Massal-di-Soloborasi-#5-2 isi-surakarta-DKV-ISI-Surakarta-Gelar-Grafiti-Massal-di-Soloborasi-#5-4 isi-surakarta-DKV-ISI-Surakarta-Gelar-Grafiti-Massal-di-Soloborasi-#5-5