Dosen ISI Surakarta Menghadiri European Higher Education

isi-surakarta-European-Higher- Education-(1)

Donie Fadjar Kurniawan, dosen Prodi Televisi dan Film, Jurusan Seni Media Rekam Institut Seni Indonesia Surakarta mendapat undangan dari European Higher Education untuk menghadiri Seminar and Presentation Scholarship Info Day, 28 Mei 2016 di Jakarta. Forum ini sangat bergensi karena langsung di bawah European Union.

Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Eropa (9 Mei) berupa “Hari Informasi Beasiswa Uni Eropa-Indonesia” dihadiri sekitar 2000 orang.Hari Informasi Beasiswa ini bertujuan untuk memenuhi komitmen pemerintah Indonesia dan Uni Eropa dalam meningkatkan kualitas peluang pendidikan tinggi untuk warga Indonesia. Acara ini juga ditujukan untuk membagikan informasi mengenai peluang beasiswa untuk calon mahasiswa dan menampilkan acara yang unik, dimana para pengunjung dapat bertemu dan berkonsultasi langsung dengan perwakilan penyelenggara beasiswa.

Peserta pameranpada Hari Informasi Beasiswa ini adalah Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Delegasi Uni Eropa dan negara anggota Uni Eropa seperti Austria, Prancis, Hungaria, Irlandia, Belanda, Polandia, Jerman, Spanyol, Swedia, Inggris, dan Italia.

“Pendidikan tinggi adalah aspek penting dalam kerjasama antara Uni Eropa dan Indonesia. Uni Eropa menyambut hangat warga Indonesia yang ingin mendapatkan peluang pendidikan terbaik yang ditawarkan Eropa,” ujar Duta Besar Uni Eropa, Bapak Vincent Guérend, pada kata sambutannya. Terdapat lebih dari 4.000 institusi perguruan tinggi di Eropa dengan 15.000 program S2 di Eropa yang diajarkan dalam bahasa Inggris. Sebagian besar perguruan tinggi tersebut merupakan bagian dari 100 universitas terbaik di dunia, yang menawarkan fasilitas berteknologi tinggi dan kesempatan penelitian yang tidak terbatas.

“Uni Eropa dan negara anggotanya memberikan beasiswa ke luar negeri dan kerjasama pendidikan, kerja sama penelitian dan pameran-pameran pendidikan. Untuk membantu para siswa membiayai pendidikan di Eropa, Uni Eropa, dan negara anggotanya menyediakan lebih dari 1.600 beasiswa untuk siswa Indonesia melanjutkan pendidikan di Eropa,” beliau menambahkan

“Eropa menjadi tujuan pendidikan yang semakin populer di kalangan siswa Indonesia yang berminat untuk belajar di luar negeri. Lebih dari 5.000 siswa Indonesia berangkat ke Eropa untuk melanjutkan perkuliahan S1 dan S2 pada tahun 2015. Secara total, lebih dari 9.000 siswa Indoneisa sedang belajar di Eropa saat ini.” (news by donie 1/6/16)

isi-surakarta-European-Higher- Education-(2)Salah satu booth yang ramai dikunjungi.