Dua Karya Film Mahasiswa Program Studi Film dan Televisi Lolos Finalis Festival Film Mahasiswa Indonesia (FFMI) Kemdikbud RI Tahun 2020

7C57276A-1F6D-4E72-9089-F4041A90B833

 

Dua Mahasiswa Program Studi Film dan Televisi (FTV) FSRD ISI Surakarta kembali mengukir prestasi yang membanggakan di ajang kompetisi resmi nasional dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud RI) yaitu Festival Film Mahasiswa Indonesia (FFMI) tahun 2020.
Seluruh civitas akademik ISI Surakarta mengucapkan selamat dan sukses untuk Tim OLD-TIME PRODUCTION dan Tim SIBAWA FILMS dengan karya film berjudul “BAHAGIAKU DATANG DARI ATAS”dengan Sutradaranya Aldo Fredo Haposan Purba, FTV 2019, @aldofred0 dan “OUR SUNDAY”, dengan Sutradara Muhammad Magung Budiman, FTV 2016, @magungbudiman mampu melesat masuk 30 besar Finalis FFMI Kemdikbud RI tahun 2020 yang menyisihkan sekitar total 130-an lebih karya film peserta dari 84 Perguruan Tinggi se-Indonesia.
FFMI Kemdikbud RI tahun 2020 kali ini diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Pusprenas) Kemdikbud RI bekerja sama dengan Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya Bandar Lampung sebagai tuan rumah panitia penyelenggaranya. Kompetisi resmi tahunan ini diselenggarakan sebagai ajang positif bagi mahasiswa se-Indonesia untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam berpikir kritis dan berkomunikasi dalam menyikapi kondisi sosial yang ada di masyarakat dan memberikan solusi yang tepat dengan menggunakan media film. Rangkaian kegiatan FFMI tahun ini diselenggarakan mulai 14 Oktober 2020 – 30 November 2020 secara daring mempertimbangkan kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia.
Aldo dengan karya film yang berjudul “BAHAGIAKU DATANG DARI ATAS” bercerita tentang anak kecil bernama Gian yang merasa bosan dengan rutinitasnya di dalam rumah selama masa pandemi dan untuk menghibur dirinya Gian selalu akan pergi ke atas rumahnya untuk melihat dunia maha luas yang selalu dapat membuatnya bahagia. Sedangkan, Magung dengan karya film yang berjudul “OUR SUNDAY” bercerita tentang dua orang kakak beradik yang mengisi hari-harinya di rumah selama masa pandemi Covid-19 dengan kreatif membuat vlog-vlog pribadi tentang kosmetik dan kecantikan wanita yang kemudian mengunggahnya ke media sosial Youtube.
“Terima kasih saya haturkan kepada semua pihak, mulai dari keluarga saya sendiri, teman, dan dosen yang sudah banyak memberikan support terhadap karya film Bahagiaku Datang Dari Atas ini sehingga berhasil meraih Finalis di FFMI 2020. Semoga di babak Final nanti mampu memberikan yang terbaik. Semoga masa pandemi ini segara usai sehingga kita dapat berkumpul kembali di kampus dan berkarya bersama-sama lagi” kata Aldo.
“Sungguh di luar dugaan bagi saya dan teman-teman di Tim Sibawa Films ternyata karya film kami “OUR SUNDAY” lolos tahapan demi tahapan di FFMI Kemdikbud RI tahun 2020. Menjadi Finalis di FFMI tahun 2020 ini menjadi hal yang sangat membanggakan bagi saya khususnya karena jujur baru pertama kalinya kita mengikuti kompetisi resmi nasional dari Kemdikbud RI. Bersyukur kepada Allah S.W.T. , tim produksi yang hebat, teman-teman mahasiswa dan para dosen Prodi Film dan Televisi ISI Surakarta, terimakasih atas dukungannya, semoga mampu meraih kejuaraan di babak Final nanti. Amin.”, kata Magung.
Tujuan dari diadakannya kegiatan FFMI 2020 ini salah satunya adalah tersedianya sarana apresiasi terhadap pengembangan kreativitas, minat, dan bakat mahasiswa dalam bidang seni, khususnya di seni perfilman sehingga mahasiswa mampu menghasilkan karya film khususnya film pendek fiksi yang berkualitas. “Harapannya semoga mahasiswa ISI Surakarta khususnya dari Prodi. Film dan Televisi mampu terus berkarya walaupun masih dalam masa-masa sulit seperti ini. Dengan adanya ajang kompetisi FFMI ini mahasiswa akan terus terasah kreativitas, minat dan bakat di seni filmnya dan berani bersaing dengan kampus-kampus yang lainnya.”. lanjut N.R.A. Candra Dwi Atmaja, S.Sn., M.Sn., selaku dosen pembimbing karya film FFMI 2020 Prodi. Film dan Televisi ISI Surakarta.
FFMI 2020 secara umum dilakukan secara daring mulai dari tahapan sosialisasi, pendaftaran, webinar kelas film, kurasi, screening, penjurian hingga FFMI Awards. Penjurian juga akan dilakukan oleh praktisi film nasional yakni Benny Kadarhariarto, Ario Rubbik, dan Greg Arya. Peserta juga akan memperebutkan juara I, 2, 3. Harapan 1, 2, 3I dan piala Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk Juara Pertama. Puspresnas Kemdikbud RI dan IIB Darmajaya juga memberikan penghargaan kepada Film Favorit yang memenangkan vooting terbanyak dalam Spesial Screening Film.

Sekali lagi, selamat untuk dua tim wakil dari ISI Surakarta di FFMI Kemdikbud RI tahun 2020. Doa yang terbaik untuk dua tim ini tentunya, agar dapat memberikan yang terbaik juga di Babak Final FFMI Kemdikbud RI tahun 2020. (NRA)

A2444E23-3787-4723-932A-BD3042EB2FE9