Festival Retorika 2016 di Universitas Negeri Malang

isi-surakarta-festival-retorika-2016-universitas-negeri-malang

Festival Retorika tahun 2016 adalah suatu event yang diadakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Ikatan Pecinta Retorika Indonesia Universitas Negeri Malang, di tahun 2016 dengan tema Muda, Merdeka, Bersuara. Tahun 2016 ini akan memperlombakan dua lomba sekaligus. Yang akan diperlombakan ialah NRC(News Reading Content) dan Kompetisi Debat Nasional. Lomba ini diadakan di Universitas Negeri Malang pada tanggal 20-22 Mei 2016 di Gedung D2 Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Skala dari festival retorika sendiri ialah skala nasional. Kegiatan ini terselenggara karena ingin mengetahui bakat-bakat yang ada di seluruh Indonesia.

Dalam rangka tersebut, tiga mahasiswa ISI Surakarta mewakili kegiatan Festival Retorika tahun 2016 di Universitas Negeri Malang yakni Syahrizal Fadhli (Prodi Seni Teater),  Novasari Widyaningsih (Prodi TV dan Film),  Shabira A Y ( Prodi TV dan Film) dan Donie Fadjar Kurniawan, SS.,M.Si.,M. Hum  sebagai dosen pembimbing. Ketiga mahasiswa tersebut meraih peringkat ke-5. Namun, sebelum keberangkatan ketiga mahasiswa dan dosen pembimbing berpamitan dan meminta doa untuk diberikan kelancaran dalam berkompetisi ke Dr. Bambang Sunarto, S. Sen., M. Sn selaku Pembantu Rektor III ISI Surakarta.

Syahrizal Fadhli (Prodi Seni Teater) perwakilan mahasiswa dari ISI Surakarta mengatakan, “senang sekali, karena mendapat amanat yang berat yakni mewakili ISI Surakarta dengan membawa nama kampus institusi dan harus bersaing dengan kampus-kampus besar yang memiliki peminat 100 kali lipat peminat, bahkan lebih. Yang mana mereka sendiri pun berasal dari jurusan eksak dan sosial seperti politik dan hukum. Apa lagi saya bersyukur sekali bisa masuk nominasi best speaker atau pembicara terbaik dengan hasil akhir menjadi peringkat ke 3 setelah undip dan ugm. Sehingga saya bangga menjadi perwakilan ISI Surakarta”.