Introdans membawa JOY4DANCE ke ISI Surakarta

isi-surakarta-introdans-5

Insitut Seni Indonesia (ISI) Surakarta telah menyelenggarakan pertunjukan tari internasional dari Belanda bernama Introdans yang bekerja sama dengan Erasmus Huis, pertunjukan disajikan pada hari Sabtu, 13 Juni 2015 pukul 19.30 WIB di Teater Besar ISI Surakarta. Kelompok tari internasional yang terkenal Introdans mengunjungi Indonesia terutama ISI Surakarta. Sejak tahun 1990, kelompok tari ini menjadi tamu yang disukai pada panggung-panggung di Indonesia. Menyusul keberhasilan tur sebelumnya kini kelompok ini kembali lagi ke Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta dengan pertunjukan JOY4DANCE.

Repertoar Introdans boleh disebut sangat kaya. Suatu pergelaran Introdans terdiri atas karya-karya papan atas, JOY4DANCE adalah pergelaran yang tiada bandingnya. Para penari top mempertunjukkan karya Robert Battle, Daniel Ezralow, Jiri Kylian. Koreografi yang unik saling berganti dengan cepat. Tari solo yang mengesankan, duet, tari kelompok yang menarik dan energik dibawakan oleh penari papan atas Introdans.

Acara ini dibuka dengan Un Ballo oleh koreografer Jiří Kylian. Karya ini adalah salah satu yang terindah di antara karya Kylian, yang ia sendiri sebut sebagai latihan musikalitas dan sensitivitas antara mitra yang laki-laki dan yang perempuan. Tarian ini menantang bagi penari karena banyaknya lift, balans yang berisiko dan dinamika yang selalu berubah. Trompe L’Oeil oleh empu tari Jiří Kylian adalah karya yang dibumbui dengan lelucon edan dan kreasi gerak-gerik ganjil, dan menyenangkan untuk tua dan muda.

Karya koreografi singkat Psycho Killer, yang diciptakan oleh koreograf Daniel Ezralow, tarian ini adalah hit internasional bagi Introdans. Karya ini menyebabkan penonton di Negeri Belanda sendiri dan di luar negeri merespons dengan antusias hiruk pikuk. Para penari saling terikat dengan tali karet dan menari dengan kecepatan tinggi dengan koreografi yang terinspirasi oleh angin.

Pergelaran ditutup dengan suatu karya dinamis gubahan Robert Battle. Sejak 2011 Battle menjadi direktur artistik pada Alvin Ailey American Dance Theater yang terkenal di New York. Sebagai koreograf Battle menonjol dengan idiom tari yang dinamis dan menantang fisik dan oleh imajinasi yang besar. Karya-karyanya adalah ledakan energi dan gairah tari Bon Appétit! diciptakan khusus untuk Introdans pada tahun 2007, diiringi irama mendebarkan 12 penari menyajikan kreasi gerakan unik penuh energi dan dynamic.

Prof. Dr. Sri Rochana W, S. Kar., M. Hum selaku Rektor ISI Surakarta mengatakan, “cukup membahagiakan karena Introdans bisa tampil kembali di ISI Surakarta. Oleh karena itu apa yang disajikan malam ini akan menjadi pengalaman yang bisa kita kenang dan menyaksikan beberapa karya yang benar-benar mempunyai reputasi dunia”. (news by Anggun 15/6/15)

 

isi-surakarta-introdans-1

Sajian Un Ballo oleh Joy4Dance. (Foto: Esha)

isi-surakarta-introdans-2

Sajian Trompe L’oeil oleh Joy4Dance. (Foto: Esha)

isi-surakarta-introdans-6

Sajian Psycho Killer oleh Joy4Dance. (Foto: Esha)

isi-surakarta-introdans-7

Sajian Bon Apetit oleh Joy4Dance. (Foto: Esha)