ISI Surakarta Jalin Kerjasama dengan Paguyuban Ngumpulke Balung Pisah-Javanese Diaspora

isi-surakarta-Jalin-Kerjasama-dengan-Paguyuban-Ngumpulke-Balung-Pisah-Javanese-Diaspora-1

Dalam rangka pelestarian dan penyebarluasan seni dan budaya Jawa, ISI Surakarta melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Paguyuban Ngumpulke Balung Pisah-Javanese Diaspora, Senin (29/1).

Atas nama Rektor ISI Surakarta, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. RM Pramutomo, M.Hum., bersama dengan perwakilan dari Paguyuban Ngumpulke Balung Pisah-Javanese Diaspora yang diketuai oleh Indrata Kusuma Prijadi, telah menandatangi MoU tersebut, bertempat di Ruang Rapat II Gedung Rektorat ISI Surakarta.

Sebagai informasi, Paguyuban iniadalah organisasi/paguyuban keturunan jawa, pemerhati dan pecinta seni dan budaya Jawa bernama Paguyuban Ngumpuilke Balung Pisah-Javanese Diaspora yang berkomitmen menjaga dan melestarikan seni-budaya Jawa dan menjembatani seluruh masyarakat jawa baik di Indonesia maupun di luar negeri. Hal ini selaras dan sinergi dengan penyelenggara Perguruan Tinggi Negeri Seni yang menyelenggarakan urusan pendidikan di perguruan tinggi seni (Institut Seni Indonesia Surakarta) yang mempunyai tugas memimpin pelaksanaan urusan pendidikan di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Maksud dilaksanakannya Kesepakatan Bersama ini adalah untuk melestarikan dan menyebarluaskan seni – budaya Jawa, serta menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang berkenaan dengan seni budaya jawa dan masyarakat jawa yang berdiaspora baik yang berada di Indonesia maupun di luar negeri.

Sedangkan tujuan dilaksanakan Kesepakatan Bersama adalah untuk melestarikan dan menyebarluarkan seni – budaya Jawa khususnya pada masyarakat Jawa yang berdiaspora baik di dalam maupun di luar negeri melalui implementasi tri dharma perguruan tinggi.

Setelah pelaksanaan MoU dan ramah tamah, agenda kegiatan selanjutnya adalah workshop batik yang dilaksanakan di Kampus II FSRD ISI Surakarta, Ringroad Mojosongo. Workshop ini adalah langkah awal dari tindak lanjut MoU yang akan diteruskan dengan kegiatan-kegiatan lainnya.[hutalaisiska]

isi-surakarta-Jalin-Kerjasama-dengan-Paguyuban-Ngumpulke-Balung-Pisah-Javanese-Diaspora-2

Pemberian cinderamata dari pihak Paguyuban Ngumpulke Balung Pisah-Javanese Diaspora di Ruang Rapat II Gedung Rektorat ISI Surakarta.