ISI Surakarta Unjuk Karya dalam Pameran “Kriya Seni Surprise #12: Kriya Berkelanjutan”.

ISI-Surakarta-Unjuk-Karya-dalam-Pameran-Kriya-Seni-Surprise-#12-Kriya-Berkelanjutan-6

Bentara Budaya Jakarta ( BBJ) bekerjasama dengan Forum Komunikasi Mahasiswa Kriya Seni (FKMKI) dan Jurusan Kriya Seni Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Forum Komunikasi Mahasiswa Kriya Indonesia (FKMKI) adalah sebuah forum yang mewadahi kreatifitas mahasiswa-mahasiswa jurusan Kriya Seni dari berbagai universitas di Indonesia.

FKMKI pada awalnya terbentuk dari himpunan mahasiswa kriya seni Institut Seni Indonesia Yogyakarta dan Institut Seni Indonesia Surakarta. Hingga kini, sudah ada 12 universitas tergabung dalam FKMKI. Perwakilan universitas yang berpameran di Bentara Budaya Jakarta antara lain ISI Yogyakarta, ISI Surakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, Institut Kesenian Jakarta, Institut Teknologi Bandung, ISI Padangpanjang, Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta, ISI Denpasar, ISBI Aceh, dan Universitas Negeri Malang.

Kriya Seni Surprise #12 merupakan seri keduabelas dari agenda tahunan FKMKI yang telah diselenggarakan di berbagai lokasi di Indonesia. Konsep kriya berkelanjutan ini muncul setelah mengamati berbagai fenomena budaya visual yang berkembang di berbagai kawasan Indonesia, di mana pertautan antara seni-seni kriya dengan kenyataan keberlanjutan ekologi kian dipertanyakan.

Masing-masing pameran mengangkat kreasi kriya para perupa muda yang masih bergiat di insitusi kesenian dan selalu dihadirkan dengan konsep dan tematik berbeda-beda. Adapun kali ini di Bentara Budaya Jakarta pameran mengambil tajuk “Kriya Berkelanjutan.“ Peka menyikapi perubahan Gagasan perihal keberlanjutan ini bukan hanya juga bertaut sebagai regenerasi seniman-seniman kriya yang dilakukan dalam jenjang akademis.

Rangkaian acara Pameran akan berlangsung hingga 9 Februari 2019 dipadukan dengan serangkaian acara, mulai dari gelar wicara, lokakarya seni kriya, hingga pertunjukan musik yang dilangsungkan di Institut Kesenian Jakarta. Jurusan kriya ISI Surakarta mengirimkan perwakilan 5 mahasiswa untuk mengikuti Forum Komunikasi Mahasiswa Kriya Indonesia (FKMKI) pada 31-3 Februari dan 7 karya untuk mengikuti pameran Surprise 12 pada 31-9 Februari 2019 Surprise12-FKMKI dan dalam kegiatan ini, I Nyoman Yoga Satria Baswara (Keris 2018) dari ISI Surakarta terpilih menjadi ketua FKMKI dalam satu periode kedepan.

ISI-Surakarta-Unjuk-Karya-dalam-Pameran-Kriya-Seni-Surprise-#12-Kriya-Berkelanjutan-4

ISI-Surakarta-Unjuk-Karya-dalam-Pameran-Kriya-Seni-Surprise-#12-Kriya-Berkelanjutan-2

ISI-Surakarta-Unjuk-Karya-dalam-Pameran-Kriya-Seni-Surprise-#12-Kriya-Berkelanjutan-5

ISI-Surakarta-Unjuk-Karya-dalam-Pameran-Kriya-Seni-Surprise-#12-Kriya-Berkelanjutan-3

ISI-Surakarta-Unjuk-Karya-dalam-Pameran-Kriya-Seni-Surprise-#12-Kriya-Berkelanjutan-1