“Kampus Seni Merdeka: Kreativitas dan Inovasi dalam Pandemi” Dies Natalis ke-56 Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta dan Wisuda Periode I Tahun 2020

5776CD88-C41A-4229-8D94-24AEE9082686

Tahun ini ISI Surakarta memasuki awal tahapan dari Rencana Strategis 2020-2024 yang telah ditetapkan sebagai panduan untuk pengembangan ISI Surakarta 5 tahun ke depan. Berdasarkan reviu atas capaian kinerja Renstra 2015-2019, ISI Surakarta menetapkan cita-cita menjadi Pre-Artistic Research University pada tahun 2024. Pre Artistic Research University menjadi tahapan awal untuk mencapai Artistic Research University pada tahun 2034, dan Pre-World Class Artistic Research University pada tahun 2044. Artistic Research University diartikan bahwa penelitian artistik menjadi unggulan ISI Surakarta dalam penelitian dosen dan mahasiswa, sehingga ISI Surakarta menjadi berkarakter kuat dan terukur sebagai Kampus Artistik.

Kondisi Luar Biasa yang disebabkan oleh Pandemi Covid-19 menyadarkan sivitas akademika ISI Surakarta bahwa perlu adanya sikap kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran seni. Sikap kreatif dan inovatif sangat penting untuk membangun paradigma dan perilaku kerja yang menyesuaikan dengan kondisi New Normal. Secara umum, KLB menyadarkan optimalisasi pemanfaatan TI di bidang pembelajaran, penelitian, PKM, dan layanan publik lainnya adalah sebuah keharusan. Disamping itu, kepedulian sosial dengan semangat gotong royong adalah salah satu jalan keluar untuk mengatasi kondisi ekonomi seniman yang terdampak pandemik covid-19.

Berdasarkan  Instruksi  Rektor  Institut  Seni  Indonesia Surakarta   Nomor   2   Tahun   2020   tentang   Pembatasan Kegiatan   Kampus   Dalam   Upaya   Pencegahan   Penyebaran COVID-19 di Lingkungan Institut Seni Indonesia Surakarta, menjadikan Pelaksanaan Sidang Senat Terbuka dalam rangka Dies Natalis ke-56 Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta dan Wisuda Periode I Sarjana, Sarjana Terapan, Magister, dan Doktor tahun 2020 ini akan diselenggarakan secara secara bersamaa dengan metode daring dengan tetap mengikuti protokol kesehatan pada hari Rabu (15/7 2020) mulai pukul 09.00 -10.00 WIB dari Pendopo Ageng GPH Joyokusumo ISI Surakarta yang akan ditayangakan melalui aplikasi Youtube,  dengan  saluran  ISI  Surakarta  Official  (https://www.youtube.com/c/ISISurakartaOfficial) dan  UPT. Audio Visual (https://www.youtube.com/c/UPTAUDIOVISUALISI-SKA)

Dr. Drs. Guntur M.Hum. Rektor ISI Surakarta menyampaikan bahwa wisuda kali ini terasa sangat berbeda dari periode sebelumnya karena diselenggarakan dalam masa pandemi COVID-19. Kedua, waktu wisuda bersamaan dengan Dies Natalis Ke-56. Ketiga, dilaksanakan secara daring. Hal ini didasari oleh pertimbangan bahwa kesehatan dan keselamatan adalah prioritas utama. Namun demikian wisuda sebagai upacara kelembagaan tetap wajib dilaksanakan. Rektor berharap kita semua, keluarga besar ISI Surakarta, saudara dan orang tua selalu diberi kesehatan dan ketabahan dalam menghadapi cobaan ini dan pandemi COVID-19 segera berakhir di Indonesia.

Selamat kepada seluruh wisudawan dan keluarganya atas keberhasilannya dalam menyelesaikan studi dengan meraih gelar Sarjana Terapan, Sarjana, Magister, ataupun Doktor. Kami sampaikan terimakasih kepada Orang Tua/Wali wisudawan yang telah mempercayakan pendidikan putra-putrinya di Institut Seni Indonesia Surakarta. [humasisiska]