Karya Augmented Reality Tim Renstood Mahasiswa ISI Surakarta, Terbaik di LIDM 2019.

isi-surakarta-Karya-Augmented-Reality-Tim-Renstood-Mahasiswa-ISI-Surakarta-Terbaik-di-LIDM-2019-1.

Dua tim wakil dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta meraih hasil terbaik dalam Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) 2019 yang dlaksanakan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada Kamis hingga Sabtu (14-16/11/2019). Karya-karya ini menang setelah berhasil menyisihkan 160 peserta dari 27 perguruan tinggi se-Indonesia dan kemudian dibabak final dipresentasikan dengan sepuluh finalis terbaik. “Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Interaktif Rantaya Seni Tari di ISI Surakarta”, berhasil meraih Juara I untuk skim lomba Divisi II Kreasi Materi Pendidikan.

Karya ini adalah kolaborasi antara media pembelajaran Tari Rantaya Surakarta dengan media Augmented Reality (AR) sebagai media pembelajaran yang menggunakan media teknologi untuk mengantisipasi keterbatasan dosen pengampu, dan regenerasi penari Tari Rantaya yang cenderung melambat.
Tim yang dinamai Renstood ini terdiri dari Taufiqur Rahman (Ketua), Johan Patar Hutapea, Latifah Azmul Fauzi, dan Siti Cholifatur Rohmaniah yang semuanya merupakan mahasiwa Desain Komunikasi Visual Angkatan 2019 dengan dosen pembimbing Rendya Adi Kurniawan, M.Sn.

Sementara Tim Andromeda DKVengers dengan Judul karya “Mulutku Dibungkam” juga berhasil menyabet Juara III lewat karya desain poster Instagram kesetaraan gender Tim ini merupakan gabungan mahasiswa Prodi Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta angkatan 2017, yang terdiri atas Ade Pamungkas selaku Ketua Tim, Hanifa Muthia Majida, dan Difa Dhiya Mufidah dibimbing dosen Basnendar Herry Prilosadoso. Mulutku dibungkam diusung karena gender perempuan di masyarakat dinilai masih terpinggirkan atau dipandang sebelah mata, baik dari aspek ekonomi, sosial, dan kemasyarakatan. sesuai tema dalam kompetisi di skim Lomba Divisi IV berupa Instagram (IG) Poster. [humasisiska]

isi-surakarta-Karya-Augmented-Reality-Tim-Renstood-Mahasiswa-ISI-Surakarta-Terbaik-di-LIDM-2019-2.

isi-surakarta-Karya-Augmented-Reality-Tim-Renstood-Mahasiswa-ISI-Surakarta-Terbaik-di-LIDM-2019-3 isi-surakarta-Karya-Augmented-Reality-Tim-Renstood-Mahasiswa-ISI-Surakarta-Terbaik-di-LIDM-2019-4 isi-surakarta-Karya-Augmented-Reality-Tim-Renstood-Mahasiswa-ISI-Surakarta-Terbaik-di-LIDM-2019-5 isi-surakarta-Karya-Augmented-Reality-Tim-Renstood-Mahasiswa-ISI-Surakarta-Terbaik-di-LIDM-2019-6