Keterlibatan Dosen ISI Surakarta Dalam Program Ruang Berbagi Ilmu di Bumi Kalwedo

isi-surakarta-Keterlibatan-Dosen-ISISurakarta-Dalam-Program-Ruang- Berbagi-Ilmu-di-Bumi-Kalwedo-1

Program Ruang Berbagi Ilmu (RuBI) dari Indonesia Mengajar tahun 2017 sudah berlangsung sejak awal Oktober 2017. Ruang Berbagi Ilmu (RuBI) adalah gerakan kerelawanan yang mengajak masyarakat dari pelbagai latar belakang untuk terjun langsung dalam usaha peningkatan kualitas Penggerak Pendidikan di seluruh Indonesia. Visi dari RuBI adalah bersama-sama mencerdaskan kehidupan bangsa melalui peningkatan kualitas penggerak pendidikan di Indonesia.

Dalam Program RuBI 2017, salah satu dosen Desain Interior Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Surakarta, Dhian Lestari Hastuti, S.Sn., M.Sn. lolos seleksi sebagai relawan Narasumber untuk penempatan di Tiakur, Pulau Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya. Daerah ini sering disebut dengan Bumi Kalwedo, yang berarti Bumi penuh Kedamaian. Program RuBI di Tiakur berlangsung pada tanggal 11-14 Oktober 2017 dengan melibatkan peserta para guru di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) yang tersebar di seluruh pulau di wilayah tersebut. Peserta diperkirakan berjumlah 130 orang dari undangan yang ditargetkan 170 orang dan ternyata para guru sangat antusias dalam mengikuti program RuBI, hingga peserta berjumlah 230. Program RuBI diresmikan oleh wakil Bupati Maluku Barat Daya, Benjamin Noach.

Bersama dengan empat relawan lainnya, Dhian Lestari Hastuti S.Sn., M.Sn. bersinergi dan berkolaborasi dalam menyampaikan materi tentang Motivasi Diri, Positif Disiplin, dan Metode Belajar Kreatif. Menurut informasi dari John Leunupun Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Maluku Barat Daya, masih banyak guru-guru yang melakukan kekerasan untuk mendisiplinkan anak-anak didiknya. Orang tua sebagian besar juga masih mendisilinkan anaknya dengan kekerasan, sehingga perlakuan para guru dalam mendisiplinkan anak didiknya tersebut tidak menjadi maslah bagi mereka. Masyarakat masih meyakini “Ada emas di ujung rotan”. Rotan menjadi alat untuk mendisiplinkan anak didik, dengan memukulkan rotan ke tubuh mereka, maka anak didik akan patuh dan santun dengan para orang tua. Hal ini menjadi kendala perkembangan pendidikan di Bumi Kalwedo.

Keyakinan “Di Ujung Rotan ada Emas” menjadi titik awal relawan RuBI untuk membagi pengalaman dan berdiskusi tentang alternative solusi. Sebagai dosen Desain Interior, alternatif solusi menggunakan perspektif desain dan dengan pendekatan Design Thinking. Bagaimana mellihat permsalahan pendidikan di Bumi Kalwedo dengan memahami subject “user centered”, yaitu para guru di MBD. Kemudian siapa saja pihak yang terlibat dan berperan dalam program pendidikan, yaitu: Dinas Pendidikan, guru, Pengajar Muda dari Indonesia Mengajar, masyarakat, dan relawan RuBI. Materi motivasi diri dengan kata kunci bahwa bahagia kunci sukses, dan materi positif disiplin dengan memahaman bahwa disiplin dan hukuman itu berbeda, dan belajar itu menyenangkan “learning is fun” untuk materi metode belajar kreatif. Dari ketiga program tersebut menjadi satu rangkaian dan satu kesatuan.

Ketiga materi tersebut diselenggarakan di luar dan dalam ruang. Kreativitas menjadi roh penyampaian materi agar tidak membosankan dan menarik bagi para guru. Acara berlangsung lancar dan para peserta sangat antusias. Semangat perubahan untuk bekerja dari hati sebagai motivasi diri para guru agar mendidik dengan kasih sayang. Para guru sepakat menggunakan positif disiplin sebagai ganti rotan dan mengubah penyampaian materi pelajaran dengan metode belajar kreatif. Acara ditutup oleh bapak Jhon Leunupun dengan harapan ada semangat perubahan dalam diri para guru untuk pendidikan di Bumi Kalwedo lebih baik.

 

isi-surakarta-Keterlibatan-Dosen-ISISurakarta-Dalam-Program-Ruang- Berbagi-Ilmu-di-Bumi-Kalwedo-2

Dhian Lestari Hastuti, S.Sn., M.Sn. lolos seleksi sebagai relawan Narasumber untuk penempatan di Tiakur, Pulau Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya.

isi-surakarta-Keterlibatan-Dosen-ISISurakarta-Dalam-Program-Ruang- Berbagi-Ilmu-di-Bumi-Kalwedo-3

Dhian Lestari Hastuti S.Sn., M.Sn. dalam menyampaikan materi tentang Motivasi Diri, Positif Disiplin, dan Metode Belajar Kreatif.