Komitmen ISI Surakarta dan Kemdikbud RI pada Hari Wayang Dunia 2018

isi-surakarta-Komitmen-ISI- Surakarta-dan- Kemdikbud-RI- pada-Hari- Wayang-Dunia- 2018-3

Institut Seni Indonesia Surakarta menyelenggarakan peringatan Hari Wayang Dunia sejak tahun 2015, dan tahun ini adalah keempat kalinya HWD diperingati, momentum ini menjadi penting sejak wayang ditetapkan oleh UNESCO pada tanggal 7 November 2003 sebagai “warisan budaya tak benda.” Demikian disampaikan Rektor ISI Surakarta pada sambutan pembukaan HWD 2018, di pendhapa GPH Joyokusumo Kampus Kentingan, Selasa (6/11) malam.

Di hadapan Direktur Kesenian Ditjen Kebudayaan Kemdikbud RI, Dr. Restu Gunawan, Rektor menyampaikan bahwa bagi ISI SURAKARTA, kegiatan ini selain merupakan salah satu ikon unjuk kemampuan kekaryaan seni (di samping HARI TARI DUNIA, HARI BATIK, dan HARI KERIS), juga merupakan momen di mana segenap sivitas akademika melakukan proses pembelajaran dan sekaligus menunjukkan hasil dari proses itu dalam suatu pergelaran dan pameran wayang.
Bagi dunia kesenian, ini merupakan salah satu ajang festival berbagai jenis dan ragam gaya seni pedalangan yang sangat pantas untuk kita apresiasi dan kita teliti.
Bagi masyarakat luas, selain dapat digunakan untuk menambah cakrawala tentang kebhinnekaan wayang di Indonesia, juga untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat terutama generasi muda tentang pentingnya nilai-nilai kehidupan yang tersirat di dalam seni pewayangan.

Dan tentu saja, ini adalah komitmen nyata ISI Surakarta mendukung Kota Surakarta sebagai Kota Kreatif Seni Pertunjukan.

Hal senada disampaikan Dr. Restu Gunawan dalam sambutan pembukaan. Kemdikbud RI, dalam hal ini Ditkes Ditjen Kemdikbud RI juga berkomitmen untuk memberikan dukungan sepenuhnya, tidak hanya momentum HWD saja, namun juga untuk event-event yang lainnya, di lingkungan ISI Surakarta. [humasisiska]

isi-surakarta-Komitmen-ISI- Surakarta-dan- Kemdikbud-RI- pada-Hari- Wayang-Dunia- 2018-1

isi-surakarta-Komitmen-ISI- Surakarta-dan- Kemdikbud-RI- pada-Hari- Wayang-Dunia- 2018-2

isi-surakarta-Komitmen-ISI- Surakarta-dan- Kemdikbud-RI- pada-Hari- Wayang-Dunia- 2018-4

isi-surakarta-Komitmen-ISI- Surakarta-dan- Kemdikbud-RI- pada-Hari- Wayang-Dunia- 2018-5

isi-surakarta-Komitmen-ISI- Surakarta-dan- Kemdikbud-RI- pada-Hari- Wayang-Dunia- 2018-6

isi-surakarta-Komitmen-ISI- Surakarta-dan- Kemdikbud-RI- pada-Hari- Wayang-Dunia- 2018-7

isi-surakarta-Komitmen-ISI- Surakarta-dan- Kemdikbud-RI- pada-Hari- Wayang-Dunia- 2018-8