Kreativitas Seni Mahasiswa ISI Surakarta Tahun 2015

isi-surakarta-pentas kreativitas-4

Fakultas Seni Pertunjukkan Instititut Seni Indonesia (ISI) Surakarta menyelenggarakan Pentas Kreativitas Seni Mahasiswa ISI Surakarta yang dilaksanakan pada hari Rabu, 15 April 2015 pukul 19.30 WIB di Pendapa ISI Surakarta. Kegiatan ini merupakan agenda bulanan yang akan dilaksanakan pada tiap tanggal 15 setiap bulannya.

Pentas Kreativitas Seni merupakan aksi kreatif yang akan disajikan dan menjadikan ajang kreativitas bagi mahasiswa sebagai salah satu mata rantai pergaulan kehidupan yang berbudaya dalam berbagai perspektif dan visi pendidikan secara umum.

Pentas Kreativitas Seni akan menyajikan berbagai macam bentuk eksperi kesenian, antara lain:

  1. Wayang Kiithik (Prodi Pedalangan), Sinopsis Wayang Kithik: Adipati Menak Jingga dari Blambangan merasa memiliki kesaktian yang tak tertandingi, hal ini yang mengobarkan hatinya untuk mewujudkan impian menguasai  kerajaan Majapahit. Dengan dalih merasa pernah disakiti oleh penguasa- Majapahit, maka ia memutuskan untuk mengumumkan perang melawan pernerintahan Majapahit. Namun dernikian, setiap senopati utusan Majapahit satu persatu gugur dalam pertempuran melawan Adipati Blambangan tersehut. Akhirnya, diutuslah Damarwulan untuk mengatasi kemetut yang menimpa di kerajaan Majapahit. Naas yang diperoleh Adipati Menak Jingga., dia mati oleh karena kesombongannya. Akhirnya kandaslah impian seorang yang sakti tak tertandingi.
  1. Gending “Manyarsewu” (Jawa), gendhing “Macan Ucul” dan “Dareuda” (Sunda) prodi Etnomusikologi.
  2. Tari Gabor dan Driasmoro (prodi Tari), Tari Gabor merupakan tari kelompok putri sebagai ucapan selamat datang kepada para tamu. Tari ini diciptakan tahun 1969 oleh I Gusti Gede Raka Saba (almarhum mantan dosen luar biasa ASTI Denpasar sekarang ISI Denpasar).
  1. Gending Lere-lere Sumbangsih, Langgam Pisang goreng, Tari Eko Prawiro, dan Lagu Suwe Ora Jamu dan dilanjutkan Ayo Ngguyu (Darmasiswa prodi Karawitan).

Soemaryatmi, S. Kar., M. Hum mengatakan, “mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya acara pada malam hari ini, dan juga 3 bulan yang lalu, setiap tanggal 15 akan menggelar karya-karya baik yang akan ditampilkan oleh para mahasiswa maupun dosen. Kegiatan ini merupakan ajang berkreativitas bagi sivitas akademika ISI Surakarta. Dan tidak untuk menutup kemungkinan bagi masyarakat umum yang ingin mengisi kegiatan ini.” (news by Anggun 16/4/15)

isi-surakarta-pentas kreativitas-1

 

Wayang Kiithik (Prodi Pedalangan). (Foto: Anggun)

isi-surakarta-pentas kreativitas-2

Gending “Manyarsewu” (Jawa), gendhing “Macan Ucul” dan “Dareuda” (Sunda) prodi Etnomusikologi.

(Foto: Anggun)

isi-surakarta-pentas kreativitas-3

 

Tari Gabor (Darmasiswa prodi Tari ISI Surakarta).

(Foto: Anggun)

isi-surakarta-pentas kreativitas-4

 

Driasmoro (prodi Tari). (Foto: Anggun)