Kuliah Umum Menko PMK di ISI Surakarta

Kuliah-Umum-Menko-PMK-di-ISI-Surakarta-4

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Puan Maharani memberikan Kuliah Umum kepada Civitas Akademika dan Tenaga Kependidikan di lingkungan Institut Seni Indonesia Surakarta di Gedung Teater Besar ISI Surakarta, Kampus Kentingan, Senin (18/3). Kuliah Umum dengan tema “Inovasi Seni Menuju Indonesia Maju dan Berbudaya” ini relevan dengan upaya ISI Surakarta dalam upaya membangun ekosistem seni budaya yang berbasis pada kearifan lokal namun terus menghasilkan inovasi-inovasi yang tiada henti. Indonesia yang maju dan berbudaya adalah Indonesia yang terus mendorong dan mendukung ekosistem institusi perguruan tinggi seni seperti ISI Surakarta ini –disamping melakukan inovasi juga terus membawa mandat awal sebagai lembaga pendidikan yang harus melakukan konservasi dan preservasi dalam semangat pluralitas dan multikultural.

Menghadapi era industri 4.0 (four point zero), menurut Menko PMK, ISI Surakarta perlu menyiapkan mahasiswanya, selain mempunyai kemampuan akademik yang baik, juga memiliki keterampilan dalam memanfaatkan teknologi informasi komunikasi. Sehingga selain terampil dalam bidang seni, juga terampil dalam menggunakan Teknologi Informasi Komunikasi. “Visi ISI Surakarta, adalah menjadi perguruan tinggi seni berbasis kearifan budaya nusantara yang berkelas dunia. Oleh karena itu, selain membangun sisi keterampilan dan keahlian, ISI Surakarta, diharapkan juga dapat memperkuat komitmen untuk membangun ketahanan budaya bangsa berbasiskan budaya nusantara,” harap Menko PMK.

Dalam sambutannya, Rektor ISI Surakarta, Dr. Guntur, M.Hum mengungkapkan bahwa ISI Surakarta sebagai lembaga pendidikan tinggi seni yang membawa tugas preservasi dan konservasi, juga sekaligus inovasi seni membutuhkan perhatian dan perlakuan khusus, agar mampu bersaing melahirkan karya-karya inovatif yang bertumpu pada kearifan seni budaya nusantara, terutama seni budaya jawa tempat di mana ISI Surakarta, lahir, tumbuh, dan berkembang.
[humasisiska, diolah]

Kuliah-Umum-Menko-PMK-di-ISI-Surakarta-1

Kuliah-Umum-Menko-PMK-di-ISI-Surakarta-2

Kuliah-Umum-Menko-PMK-di-ISI-Surakarta-3

Kuliah-Umum-Menko-PMK-di-ISI-Surakarta-4

Kuliah-Umum-Menko-PMK-di-ISI-Surakarta-5

Kuliah-Umum-Menko-PMK-di-ISI-Surakarta-6

Kuliah-Umum-Menko-PMK-di-ISI-Surakarta-7