“LOKAKARYA MARKETPLACE” Program Penguatan Kelembagaan Melalui Kemitraan DUDI (Dunia Usaha Dunia Industri)

BB83EDD5-C101-448D-89DA-08BCE1DBFA5B

Program Studi Desain Mode Batik Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Surakarta sebagai salah satu penerima hibah Program Penguatan Pendidikan Tinggi Vokasi (PPPTV) fokus bidang ekonomi kreatif dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi pada tahun 2020. Desain Mode Batik ISI Surakarta harus melakukan program percepatan untuk melakukan link and match dengan dengan dunia usaha dan dunia industri dengan meningkatkan daya saing. Dari dana yang diterima selain untuk pengembangan alat tak kalah penting adalah peningkatan sumber daya manusianya agar lebih adaptif dalam menghadapi tantangan kedepan. Hal ini disampaikan oleh Wakil Rektor bidang I Dr. I Nyoman Sukerna, S. Kar., M. Hum dalam pembukaan Lokakarya Penguatan kelembagan dengan kemitraan DUDI di Lorin Hotel Surakarta (09/10/20)

“LOKAKARYA MARKETPLACE” sebagi tema dalam Pelatihan dan Workshop Penguatan Kelembagaan melalui Mitra DUDI disampaikan oleh dua narasumber Brq Dias Bahary Aditama dari Shopee International Indonesia membahas Potensi Berbisnis Melalui E-commerce di Indonesia dan yayok Aryoseno seorang pegiat seni, dan pegiat UMKM maupun marketplace. Disampaikan Dias bahwa pasar online adalah keniscayaan yang tidak bisa dihindari, apalagi dimasa pandemi yang notabene pergerakan dan pertemuan seperti di pasar tradisional dibatasi. Secara tidak langsung marketplace menerima berkah dari situasi pandemi ini dan kita harus sesegera mungkin memanfaat peluang dengan memulai dari memahami produk kita dan mulai mengenali psikologi pembeli kita.

Ketika kita sudah melibatkan diri diakun media sosial secara tidak sadar kita sudah menjadi produk dengan deretan huruf dan angka digital untuk menandai identitas kita dan menjadi produk yang siap dijual sesuai segmentasinya oleh sang pemilik big data, berikut yang diungkapkan oleh yayok Aryoseno untuk memancing diskusi yang saat ini sedang aktif dalam Solo Art Market (SAM) yang digelar setiap dua minggu sekali di Omah Sinten dengan mengikuti perkembangan situasi pandemi juga menjadi pasar online. [humasisiska]

865BE75A-1C6D-4F13-A86C-85899972427F

FC291F44-3A7B-4987-A4AB-980CEE1FA31F
3FFCCA6D-C948-4C38-A846-04D0EBFEDDCA 7F7F7494-65B3-4DF7-87C6-F55AD84E2CA2 FE30D2D5-417B-47B8-82E7-E1A12ADC5D59 8D39BF29-6415-4F6F-8E9B-41F5675205B2 326CF3BC-A4E9-4B13-AC07-4D6DAB4AA94C 63F69C78-1D74-461E-9328-3140553D9100 46C5D829-8FF1-419D-AAC4-B0F11CA9CB76