Lokalitas Sastra Pertunjukan , Seminar Internasional Program Pascasarjana ISI Surakarta

isi-surakarta-seminar internasional pascasarjana

Dalam rangka memeriahkan 50th ISI Surakarta Pascasarjana ISI Surakarta menggelar  Seminar Internasional Pascasarjana ISI Surakarta tentang Lokalitas Sastra Pertunjukan. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 18-19 November 2014 di Teater Kecil ISI Surakarta pukul 09.00 wib. Dan pada tanggal 19 November 2014 seminar akan dilanjutkan menganai publikasi Hasil Penelitian Doktoral.

Lokalitas, diantara predikat wilayah berbatas dengan identitas budaya, merupakan isu yang tidak pernah kering. Didalamnya tersimpan banyak sumber daya kepemilikan, kesejahteraan, memori, konsep, nilai, sekaligus wacana dan inspirasi dinamis. Dalam konteks sastra pertunjukan, lokalitas kenusantaraan memiliki banyak naskah sastrawi bermutu. Di luar naskah adaptasi seperti Ramayana, Mahabharata, dan Sampek Eng Tay, ada banyak naskah sastrawi lokal seperti I La Galigo, Babad Panji, Babad Pajang, Babad Diponegoro, Syair Lampung Karam, Cupak Grantang, Calon Arang, Tantri Kamandaka, Bujangga Manik yang telah terwariskan dan terpelihara sampai sekarang. Dulu Naskah-naskah sastrawi itu telah direproduksi dalam berbagai media seni, baik sebagai inspirasi ataupun bagian penting ritus dan kegiatan kreatif yang mengakar di masyarakat seperti wayang, arja, drama gong, mendu, memanda. Kini, demikian pula banyak pelaku-pelaku seni kreatif kerap memanfaatkan lokalitas sebagai bagian dari kerja kreatif. Imaji-imaji yang menubuh, bayangan dan pengalaman ruang di masa silam semua itu dioalah kembali sebagai pernyataan baru yang kerap disesuaikan dengan kekinian ataupun pilihan kedepan.  Seminar kali ini akan menelaah lebih dalam tentang problematika, posisi, potensi, wacana, serta proyeksi lokalitas sastra pertunjukan.

Sesi pertama dalam seminar Tema tentang Sastra Visual dengan pembicara Prof.Dr.Sapardi Djoko Damono (Institut Kesenian Jakarta), Dr. Nuning Yanti Damayanti, Dipl Art (Institut Teknologi Bandung), RB. Armantono, M.SN (Pascasarjana ISI Surakarta) dan moderator Dr. Bambang Sunarto, S. Sen., M.Sn. Sedangkan untuk Sesi kedua Tema Sastra Pertunjukan pembicara Prof.Dr. Hendrik M.J Maier (University Bruenei Darussalam/University of California, Riverside, Prof. Dr. Suminto Sayuti (Universitas Negeri Yogyakarta), Dr. I Nyoman Murtana, M. Hum (ISI Surakarta) dan moderatori Dr. Sunardi, M.Sn.

Dr. Aton Rustandi Mulyana, M.Sn selaku Direktur Pascasarjana ISI Surakarta mengatakan, “karena melihat situasi kedepan, bahwa banyak hal yang harus kita benahi di Pascasarjana, membuka ruang-ruang di bidang akademik supaya menjadi terbuka dalam mempertajam karakteristik penciptaan pengkajian yang kita miliki. Bahwa salah satu yang mendasar di dunia penciptaan yakni sastra. Untuk itu melalui seminar ini kita mendalami tentang sastra lebih tepatnya sastra pertunjukan dengan lebih baik.” (news by Anggun 18/11/14)

 

Seminar Internasional di Teater Kecil ISI Surakarta. (Foto: Anggun)