Mangayubagyo Purnatugas Rahayu Supanggah

isi-surakarta-mangayubagyo-purna-tugas-rahayu-supanggah-2

Peluncuran Buku PISUNGSUNG Bunga Rampai “Ati sadu ati yogi rama Weninging ludira welas asih kinasih
Karya tangguh mrantasi satuhu sang dwija”
(Hati sang sadu, yogi oh bapak, Darahmu bening mengalir cinta kasih, Bahumu kuat manggul segala beban, oh Guruku)

Penggalan komposisi gending Peni Candra Rini ini menjadi pembuka Konser Karya Komposisi “Guyub” yang merupakan Suita musikal karya Rahayu Supanggah. Disusun dan dipergelarkan pada peluncuran buku dan pementasan karya-karya monumental Pak Panggah. Komposisi yang dipilih adalah musik gamelan baru yang digarap berdasarkan genre musik gamelan klasik, dimunculkan pada tahun 1970-an dan berkembang sampai sekarang. Suita terdiri dari gending gending Kebogiro, Duet, Amartya, Goyah, Geter, Srimpi Jayaningsih, Escargo, Jo Dirasakno, Tongkleng dan Palagan juga Bibaran.

Prof Dr. Rahayu Supanggah, S. Kar., DEA memasuki purna tugas sejak 31 Agustus 2019 lalu. Prof Panggah memulai pendidikan kesenian di Konservatori Karawitan Indonesia (KOKAR) Surakarta dan lulus dari Akademi Seni Karawitan Indonesia (ASKi) pada tahun 1978 –meski kariernya sebagai pendidik sudah dimulai sejak 1975 ebagai asisten dosen di Jurusan Karawitan ASKI Surakarta. Pada tahun 1980 menempuh studi S2 Etnologi di Universitas Paris IV dan dilanjutkan studi S3 di kampus yang sama lulus tahun 1985. Masa pengabdiannya selama 43 tahun banyak memberikan ilmu dan perilaku keteladanan hidup mumpuni sebagai pribadi seniman maupun akademisi. Dikenal sebagai komponis kelas dunia tetapi tetap bersahaja. harapannya beliau terus menjadi guru kehidupan yang memberikan pencerahan bagi kita semua.

Buku PISUNGSUNG Bunga Rampai adalah persembahan untuk tokoh yang dihormati. Sejumlah tulisan yang dalam buku ini, dimaksudkan sebagai Pisungsung kepada Sang Mahaguru yang telah mendidik, memintarkan, dan membimbing mereka menjadi insan berilmu seni yang terhormat dan bermartabat.

isi-surakarta-mangayubagyo-purna-tugas-rahayu-supanggah-1

isi-surakarta-mangayubagyo-purna-tugas-rahayu-supanggah-4 isi-surakarta-mangayubagyo-purna-tugas-rahayu-supanggah-5 isi-surakarta-mangayubagyo-purna-tugas-rahayu-supanggah-6 isi-surakarta-mangayubagyo-purna-tugas-rahayu-supanggah-7 isi-surakarta-mangayubagyo-purna-tugas-rahayu-supanggah-8