Materi Tes dan Kelompok Ujian UTBK 2020

isi-surakarta-Materi-Tes-dan-Kelompok-Ujian-UTBK-2020-1

Materi Tes UTBK terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) sesuai dengan kelompok ujian setiap peserta ujian.
TPS mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Kemampuan ini meliputi kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.

Sedangkan TKA mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan seseorang agar dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi. TKA juga mengukur kemampuan kognitif terkait langsung dengan konten mata pelajaran yang dipelajari di sekolah. Penekanan tes pada Higher Order Thinking Skills ( HOTS). Ada sedikit perbedaan di tahun 2020 yang menyertakan kelompok ujian Campuran (Saintek dan Soshum). Dengan demikian, ada tiga kelompok ujian yang bisa kamu pilih yaitu Saintek, Soshum, dan Campuran.

Untuk Kelompok ujian Saintek memiliki materi ujian berupa TPS dan TKA Saintek yang terdiri atas Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi. Alokasi waktu pengerjaannya adalah 180 menit.
Kemudian, untuk kelompok ujian Soshum memiliki materi ujian berupa TPS dan TKA Soshum yang terdiri atas Matematika Soshum, Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi. Alokasi waktu pengerjaannya adalah 180 menit.

Terakhir, untuk kelompok ujian campuran, materi yang diujikan adalah gabungan dari Saintek dan Soshum dengan alokasi waktu pengerjaan sebanyak 255 menit. [humasisiska]

isi-surakarta-Materi-Tes-dan-Kelompok-Ujian-UTBK-2020-1

isi-surakarta-Materi-Tes-dan-Kelompok-Ujian-UTBK-2020-2