Mengenalkan Kesenian Sejak Dini

isi-surakarta-kunjungan-workshop-perkenalan-kesenian-sejak-dini-5

Pada tanggal 5 Oktober 2016 ISI Surakarta mendapatkan kunjungan dari SD Muhammadiyah Program Khusus Kota Barat Surakarta. Sebanyak 90 orang siswa-siswi SD Kelas 1 dan 7 orang guru pendamping diterima oleh Sub Bagian  Tatalaksana dan Humas ISI Surakarta di Pendapa ISI Surakarta. Kunjungan tersebut bertujuan  untuk menambah ilmu dan wawasan, dan juga memberikan siswa-siswi SD secara langsung untuk merasakan seperi menari, menabuh, dan menggambar. Adapun kegiatan yang diberikan ISI Surakarta kepada SD Muhammadiyah Khusus Kota Barat Surakarta seperti Workshop tentang Seni Tari, Seni Karawitan, dan Menggambar (Seni Rupa).

Mengenalkan kesenian sejak dini dapat membentuk kepribadian positif yang nantinya akan mewarnai sikap mereka dan meningkatkan daya apresiasi seni serta mengembangkan bakat seni mereka kelak.  Oleh karena itu, anak-anak perlu ditanamkan pemikiran yang positif agar mencintai budaya sejak dini mungkin agar tidak meniru budaya barat yang dapat merusak moral anak-anak. Memperkenalkan kesenian kepada usia dini juga dapat membentuk rasa memiliki terhadap kesenian dan kebudayaan yang ada di daerahnya, karena jika mereka tidak mengenal dan tidak punya rasa memiliki terhadap kesenian dan kebudayaan mereka tidak akan mencintai dan menjaga kesenian dan kebudayaan tersebut.

 

isi-surakarta-kunjungan-workshop-perkenalan-kesenian-sejak-dini-1Sambutan oleh A.M Katri Widatiningsih, S. Kar., MM selaku

Ka. Subbag. Tatalaksana dan Humas ISI Surakarta.

isi-surakarta-kunjungan-workshop-perkenalan-kesenian-sejak-dini-menari-senitari-4

Workshop Tari dibimbing oleh

Dosen Prodi Seni Tari Fakultas Seni Pertunjukan ISI Surakarta.

isi-surakarta-kunjungan-workshop-perkenalan-kesenian-sejak-dini-menggambar-3

Workshop Menggambar dibimbing oleh

Dosen Prodi Seni Rupa Murni Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Surakarta.

isi-surakarta-kunjungan-workshop-perkenalan-kesenian-sejak-dini-seni-karawitan-2

Workshop Karawitan dibimbing oleh

Dosen Prodi Seni Karawitan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Surakarta.

isi-surakarta-penyerahan-kenang-kenangan

Penyerahan cinderamata dari salah satu karya siswi SD Muhammadiyah Program Khusus Kota Barat Surakarta kepada Ka. Subbag. Tatalaksana dan Humas ISI Surakarta.