“Mereksa Aksara” Mengenalkan aksara Jawa kepada mahasiswa asing, DKV ISI Surakarta menggelar perkuliahan Tipografi Nusantara

0e642228-842a-4c12-bd47-8c610511b2c4

Perkuliahan ini digelar untuk melestarikan (Nguri-uri) tata tulis aksara Jawa yang meliputi cara menulis, mengeja aksara dan membaca suku kata dalam sistem penulisan aksara Jawa, dengan menghadirkan narasumber Wisnu Adhi Kusuma (Mahasiswa tingkat akhir prodi DKV ISI Surakarta) yang merupakan pegiat dan pemerhati Aksara Jawa. (6/12).

Tujuannya adalah untuk mengenalkan kembali aksara jawa kepada mahasiswa Prodi Desain Komunikasi Visual ISI Surakarta dan juga sebagai cara untuk mempopulerkan aksara Jawa kepada mahasiswa asing yang sedang belajar di ISI Surakarta, sehingga aksara jawa dapat dikenal dalam ruang lingkup internasional.

Kegiatan ini merupakan perkuliahan praktek 3 (tiga) SKS yang diselenggarakan pada semester genap, diampu oleh Ipung Kurniawan Yunianto, S.Sn.M.Sn dan Taufik Murtono, S.Sn., M.Sn. (Dosen Prodi DKV FSRD ISI Surakarta). Perkulihan ini berjudul “Mereksa Aksara” (Menjaga Kelestarian Huruf Jawa).

Perkuliahan ini diikuti oleh sebanyak 50 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa regular ISI Surakarta dan mahasiswa Asing yang terhimpun dalam program Dharmasiswa, adapun mahasiswa asing yang mengikuti paerkulihan ini berasal dari Amerika Serikat, Cambodia, Inggris, Swedia, Grenada (Kepulauan Windward, Karibia). Honggaria, dan Rep. Ceko. Selama perkuliahan Tipografi Nusantara ini, mahasiswa diajarkan struktur tatalis Aksara Jawa, mengeja, membaca sekaligus mengenali struktur anatomi Aksara Jawa.

Kegiatan praktek tersebut dalam prakteknya mengajarkan penulisan aksara jawa dengan menuliskan nama masing masing mahasiswa dengan aksara jawa, berikut juga dengan aksara murda, pasangan, sandangan. Sehingga kedepannya, perkuliahan ini menjadi keunikan dan kekhasan tersendiri dalam membudayakan aksara jawa untuk generasi masadepan yang dibalut dengan wawasan akademis Tipografi Nusantara.[humasisiska]

71204604-43c5-444a-98dc-2de34593d984 d1841554-7dfd-47c7-b5f8-e2569a73bd44