Opera “Tandhing Gendhing: The Mothers” Karya Wasi Bantolo

isi-surakarta-Opera-Tandhing- Gendhing-The- Mothers-Karya- Wasi-Bantolo-5

Pada kegiatan Festival Kesenian Indonesia ke-10 di Surabaya (6-9 Juli 2018) dengan tema Seni Tradisi, Identitas dan Realitas, ISI Surakarta menampilkan sebuah karya dengan judul Opera Tanding Gendhing : The Mothers, karya Wasi Bantolo.
Opera Tandhing Gendhing: the Mothers adalah karya berbentuk opera yang mengolah, dan merajut suara berlagu, menyatu dalam gerak-gerak tari Jawa. Lagu dan tubuh menyuarakan gerak hatinya atau disebut juga sebagai nyanyian yang menubuh. Hal ini sebagaimana pandangan Peter Sellars tentang opera sebagai suatu formulasi yang mengacu pada kemungkinan-kemungkinan sinetika yang kompleks dari suatu genre campuran yang akhirnya diciptakan kembali pada akhir masa Renaissance Italia. Tuntutan-tuntutan tentang persoalan Multilingual, multikultural, multimedia, diakronis, dialogis, dan dialektik yang diwadahi dalam suatu hibrida sintetik dari musik, tari, dan puisi (Sellars, 2004: 107).
Karya ini pertama kali diciptakan pada tahun 2005 dengan judul “Lyrical Tension” di Michigan Amerika Serikat, kemudian pada tahun 2005 digubah menjadi “Tandhing Gendhing: Battle of Wits” yang dipentaskan di Ball Room Hotel Darmawangsa Jakarta, Graha Bakti Budaya Taman Ismail Marzuki, Taman Budaya Surabaya, Museum Batik Pekalongan, dan Teater Kecil ISI Surakarta, dan dirubah menjadi “Opera Tandhing Gendhing: The Mothers” pada tahun 2018.
Karya tari “Tandhing Gendhing: a Battle of Wits” menceritakan mengenai konflik antara tokoh Kresna dan Sengkuni yang mejadi panutan antara Kurawa dan Pandawa dalam kisah Epik Mahabharata. Pensikapan para ibu yang anak-anaknya berperang, dengan lebih menekankan pada persoalan antara Kunthi dan Gendari sebagai ibu dari Pandhawa dan Kurawa, sebagai dasar perubahan judul menjadi “Opera Tandhing Gendhing: The Mothers”.

isi-surakarta-Opera-Tandhing- Gendhing-The- Mothers-Karya- Wasi-Bantolo-1 isi-surakarta-Opera-Tandhing- Gendhing-The- Mothers-Karya- Wasi-Bantolo-2 isi-surakarta-Opera-Tandhing- Gendhing-The- Mothers-Karya- Wasi-Bantolo-3 isi-surakarta-Opera-Tandhing- Gendhing-The- Mothers-Karya- Wasi-Bantolo-4