Pameran Metafora #2 Jurusan Kriya Seni FSRD ISI Surakarta

isi-surakarta-pameran jurusan kriya seni-2

Himpunan Mahasiswa Jurusan Kriya Seni Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Surakarta kembali menyelenggarakan pameran Metafora #2 yang dilaksanakan pada tanggal 14-17 Februari 2014 di Taman Budaya Jawa Tengah Surakarta. Pembukaan pameran dilakukan pada tanggal 14 Februari pukul 19.00 WIB dan pembukaan dibuka oleh Rektor ISI Surakarta.

Pameran kali ini mengangkat tema “Degradasi Mental”, berarti sebuah tema yang muncul dengan harapan dapat mewakili kondisi saat ini. Berbicara tentang mental tentunya akan sangat erat kaitannya dengan perilaku manusia. Degradasi Mental merupakan isu dunia yang paling memprihatikan (selain kesenjangan sosial dan kerusakan alam). Degradasi Mental paling besar melanda di negara-negara berkembang termasuk Indonesia. Maraknya kasus korupsi yang merajalela, pergaulan dan sex bebas yang jauh dari norma dan etika timur, pelanggaran hak asasi manusia, penggunaan narkoba, meningkatkan kejahatan, demokrasi yang sering kebablasan, merosotnya kedisiplinan dan rasa tanggungjawab, kesenjangan sosial semakin menganga, dll.

Degradasi Mental menjadi konsep dasar pengembaraan kreativitas untuk divisualkan menjadi karya kriya yang disuguhkan dalam pameran kali ini. Karya Kriya yang mereka hasilkan merupakan wujud nyata dari sikap positif mahasiswa dalam mengahadapi krisis mental yang terjadi dewasa ini.

Pameran kali ini mahasiswa ISI Surakarta juga berkolaborasi dengan beberapa seniman tradisi profesional yang antara lain dai Bali, Kalimantan Timur, Bandung, dan beberapa seniman profesional di Surakarta, selain itu berkolaborasi juga dengan beberapa Perguruan Tinggi Seni seluruh Indonesia. Peserta pameran mulai dari program studi Kriya Seni, program studi Batik, program studi Keris dan Senjata Tradisional dan seniman yang berasal dari berbagai wilayah.

Ahmad Zaenas Shofaudin selaku Ketua Pelaksana mengatakan, “semoga pameran metafora #2 dengan tema “Degradasi Mental” ini para sahabat seniman maupun penikmat dapat mengambil pengalaman yang berharga. Bukan melulu mengkritis orang atas perbuatannya. Tapi juga mengimbangi dengan memandang lebih dalam tentang diri sendiri. Saya ucapkan selamat datang dan selamat menikmati pameran. Salam Krisso!”. (news by Anggun 17/2/15)

isi-surakarta-pameran jurusan kriya seni-1

Rektor ISI Surakarta menghadiri pameran Metafora #2 (Foto: Anggun)

isi-surakarta-pameran jurusan kriya seni-2

Pameran Metafora #2 di Taman Budaya Jawa Tengah, Surakarta. (Foto: Anggun)