Pameran Tugas Akhir Penciptaan Seni Program Magister (S-2) oleh I Gusti Nurata

isi-surakarta-Perilaku-Bijaksana-Sebagai-Pesan-Moral-Dalam-Karya-Drawing-IGustiNurata-(1)

Pada hari Senin, 8 Agustus 2016 di Galeri ISI Surakarta telah melaksanakan pembukaan Pameran Tugas Akhir Penciptaan Seni Program Magister (S-2) oleh I Gusti Nurata, beliau adalah Dosen Program studi Seni Rupa Murni di ISI Surakarta dan seorang Seniman. Beliau memamerkan karyanya dengan judul karya “Perilaku Bijaksana Sebagai Pesan Moral Dalam Karya Drawing” di Galeri ISI Surakarta.

Judul Karya “Perilaku Bijaksana Sebagai Pesan Moral Dalam Karya Drawing” yang dimaksud adalah Perilaku destruktif manusia dalam meniti kehidupan terhadap sesama manusia, binatang, tetumbuhan dan alam berdampak negatif bagi kehidupan yakni terbangunnya ketidak harmonian hidup antar sesame manusia, antar manusia dan binatang, antar manusia dan tetumbuhan, antar manusia dan alam, dan sekaligus antar manusia dengan Tuhan Pencipta Alam Semesta beserta isinya. Perilaku destruktif tersebut di atas menyentuh dan mengusik batin terdalam pengkarya, serta menginspirasi penciptaan esensi karya yang mengandung muatan pesan moral dengan harapan agar pengamat karya tersentuh batinnya dan terpanggil jiwanya untuk berperilaku bijaksana dalam meniti kehidupan, yakni berperilaku hidup harmoni dengan sesama manusia, binatang, tetumbuhan, alam dan aura suci Tuhan Yang Maha Pencipta, yang berdampak positif bagi kehidupan dalam membangun suasana hidup nyaman, aman dan damai.

Penciptaan karya drawing ini didorong oleh semangat mengasah dan mendayagunakan talenta seni rupa yang dianugerahi oleh Tuhan Yang Maha Pencipta, semangat berproses kreatif, inovatif, dan progresif (melibatkan anugerah kecerdasan emosional, intelektual dan spiritual) dengan bekal etnik ke- Bali-an yang menjadi bagian hidup pengkarya, serta keinginan dan naluri seiring intuisi untuk menciptakan karya imajinatif murni, simbolis dan filosofis dalam bahasa metafor visual personal pengkarya.

Karya drawing ini divisualkan dengan media sederhana dan berharga murah, yakni ball point pen bertinta hitam dan kertas putih. Teknik garap yang diterapkan untuk memvisualkan karya adalah teknik garap campuran temuan personal yakni teknik garap campuran dari teknik dasar goresan, titikan, patukan, patukan dan dorongan, gesekan, getaran dan tarikan. Visualisasi karya menggunakan cara /metode penciptaan personal. Tampilan visual hitam putih, berkarakteristik dan bergaya bahasa visual personal pengkarya dengan karya bercitra realistik bernuansa metafisika. Semoga karya drawing yang dipamerkan ini bernilai tambah bagi keberadaan seni rupa nasional dan internasional, serta esensi dan kandungan muatan pesan moral di dalamnya bernilai guna bagi kehidupan positif dan konstruktif di marcapada ini.

Dr. Aton Rustandi Mulyana, M. Sn selaku Direktur Pascasarjana ISI Surakarta memberikan sambutannya, “sungguh sebuah kehormatan, Pascasarjana ISI Surakarta dipercaya sebagai laboratory yang memproses pendidikan magister untuk seorang seniman kaliber, seperti I Gusti Nengah Nurata. Cita-cita ideal sebagai Institusi Kapujanggan menuntut Pascasarjana ISI Surakarta lebih aktif, terbuka, dan akomodatif terhadap partisipasi seniman-seniman mahir di dalam proses pendidikan tinggi seni. Pendidikan tinggi seni bukan sekedar sekolah tetapi lebih menjadi ruang dialog persinggungan sinergis antara praksis kekaryaan dan akademik. Kajian seni membutuhkan kekaryaan seni. Demikian, sebaliknya kekaryaan seni pun membutuhkan partisipasi kajian seni. Kehadiran Nurata turut menebalkan sinergi tersebut. Melalui penciptaan karya seni drawing, Nurata menggagas orientasi filosofis moral yang aktual. Tanpa menafikan kekuatan intuisi dan rasa, kemahiran praksis, serta kecerdasan pikir dan inderawi yang dimilikinya. Seturut karya, Nurata pun mengisi relung-relung hampa tentang catatan-catatan proses sekaligus temuan-temuan artistik, yang mungkin kerap diabaikan oleh pengkarya lain selama ini.”

isi-surakarta-Pameran-Tugas-Akhir-Penciptaan-Seni-Program-Magister-IGustiNurata-(1)

Pembukaan Pameran Tugas Akhir Penciptaan Seni Program Magister (S-2) oleh I Gusti Nurata.

isi-surakarta-Pameran-Tugas-Akhir-Penciptaan-Seni-Program-Magister-IGustiNurata-(3)

Acara pembukaan pameran dibuka oleh Rektor ISI Surakarta, Prof. Dr. Sri Rochana. W, S. Kar., M. Hum.

isi-surakarta-Pameran-Tugas-Akhir-Penciptaan-Seni-Program-Magister-IGustiNurata-(4)

Pameran diselenggarakan di Galeri ISI Surakarta yang bertempat di Kampus II FSRD ISI Surakarta.

isi-surakarta-Pameran-Tugas-Akhir-Penciptaan-Seni-Program-Magister-IGustiNurata-(5)

Pengunjung melihat hasil karya drawing yang dibuat oleh I Gusti Nurata.

isi-surakarta-Pameran-Tugas-Akhir-Penciptaan-Seni-Program-Magister-IGustiNurata-(6)

Turis Asing mengunjungi pameran drawing karya I Gusti Nurata.

isi-surakarta-Pameran-Tugas-Akhir-Penciptaan-Seni-Program-Magister-IGustiNurata-(7)

Kepala SPI ISI Surakarta, Suharji, S. Kar., M. Hum mengunjungi pameran di Galeri.

isi-surakarta-Pameran-Tugas-Akhir-Penciptaan-Seni-Program-Magister-IGustiNurata-(8)

Pengunjung lainnya memenuhi Galeri ISI Surakarta.

isi-surakarta-Perilaku-Bijaksana-Sebagai-Pesan-Moral-Dalam-Karya-Drawing-IGustiNurata

Karya I Gusti Nurata dengan judul

“Perilaku Bijaksana Sebagai Pesan Moral Dalam Karya Drawing”.