Pameran Visual Branding “KALA KELANA” Mahasiswa Angkatan 2016 Prodi Desain Komunikasi Visual FSRD ISI Surakarta

isi-surakarta-Pameran-Visual-Branding- ‘KALA-KELANA’-Mahasiswa- Angkatan-2016- Prodi-Desain- Komunikasi-Visual-FSRD-ISI- Surakarta-1

Tema KALA KELANA yang mengangkat visual branding pasar tradisional yang ada di kota Solo, bermaksud untuk mengangkat citra dari pasar-pasar tersebut sehingga bisa lebih menarik konsumen untuk bertransaksi dan mengunjungi pasar. Selain itu sebagai media edukasi kepada masyarakat, pemerintah dan stakeholder lainnya akan manfaat dan potensi bidang desain komunikasi visual sebagai salah satu solusi dalam mengatasi permasalahan yang ada, misalnya belum adanya sign system yang menarik dan informatif dalam sebuah pasar, dan belum adanya identitas korporat di setiap pasar tradisional sebagai penciri dan penanda akan keberadaan pasar tersebut.
Melalui perancangan yang benar dan baik, maka visual branding pasar tradisional yang selama ini berkesan kumuh dan kotor akan lebih meningkat tampilannya sebagai pusat jual beli yang nyaman. Pameran diselenggarakan di Paragon Mall Solo, dimulai hari Senin – Rabu, 12 -14 Maret 2018, dimana acara pembukaan dimulai jam 15.00 wib yang akan dibuka oleh Rektor ISI Surakarta, dimana pameran besar karya dari 40 mahasiswa angkatan 2016 yang mengangkat tema seputar visual branding ini, dengan dua kategori yaitu 1. Karya kelompok, tentang visual branding pasar tradisional berjumlah 11 karya kelompok berupa visual branding pasar tradisional, seperti Pasar Kabangan, Pasar Kembang, Pasar Legi, Pasar Kliwon, dan 2. Karya individu berupa visual branding dari kafe, produk kuliner, distro/outlet, serta branding sebuah kota/wilayah, serta obyek lainnya yang berjumlah 31 karya individu yang berupa identitas korporat (logo, pictogram, dan stationary), GSM (Graphic Standart Manual) logo, merchandise, sign system, media cetak, produk, kemasan, dan media terapan lainnya.
Selain hal tersebut, event pendukung pameran berupa kegiatan kreatif lainnya : 1. Bedah Karya Pasar dengan kurator Taufik Murtono, M,Sn (Dosen DKV FSRD ISI Surakarta dan Praktisi DKV), akan mengulas seputar efektif dan efisiensi rancangan visual branding pasar tradisional karya mahasiswa pada hari Selasa, 13 Maret 2018 jam 14.00 – 17.00 wib. 2. Press Konference DKV ACT 2018 oleh HIMA DKV, 3. Creative Sharing dengan tema “How to Build a Brand’’ oleh Daniel Revelino A (StudiBrand.Inc), sebuah penyedia jasa visual branding di Surakarta, 4. Talk Show dengan tema ‘’Desain Grafis di Sosial Media’’ oleh Logan Holy (The Daily Surakarta), 5. Beragam pertunjukkan, seperti tari Gambyong, Perfoming Art Wayang Climen, beragam grup musik, seperti : Slokaswara, Stigma, Rasa Sara, The Bakiak DKV ISI Yogyakarta, Pisti, Olski, serta DJ BRM. [hutalaisiska]

isi-surakarta-Pameran-Visual-Branding- ‘KALA-KELANA’-Mahasiswa- Angkatan-2016- Prodi-Desain- Komunikasi-Visual-FSRD-ISI- Surakarta-2

Pembukaan Pameran Visual Branding “KALA KELANA” Mahasiswa Angkatan 2016 Prodi Desain Komunikasi Visual FSRD ISI Surakarta di Paragon Mall.

isi-surakarta-Pameran-Visual-Branding- ‘KALA-KELANA’-Mahasiswa- Angkatan-2016- Prodi-Desain- Komunikasi-Visual-FSRD-ISI- Surakarta-3

isi-surakarta-Pameran-Visual-Branding- ‘KALA-KELANA’-Mahasiswa- Angkatan-2016- Prodi-Desain- Komunikasi-Visual-FSRD-ISI- Surakarta-4

Pengunjung melihat Pameran Visual Branding “KALA KELANA” di Paragon Mall.